Pemerintah Kutuk Keras Aksi Teroris MIT Bunuh 4 Petani Poso

Kadek Melda - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 13:34 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Menko Polhukam Mahfud Md (Foto: dok ist)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md mengutuk keras terkait peristiwa tewasnya 4 petani di Poso, Sulawesi Tengah, oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pada 11 Mei 2021. Pemerintah terus mencermati kondisi keamanan di Poso buntut peristiwa tersebut.

Mahfud membeberkan tiga aksi terakhir yang dilakukan kelompok teroris MIT pimpinan Ali Kalora. Pertama, pada 1 Maret 2021 terjadi kontak tembak antara aparat keamanan dan kelompok teroris MIT, di Desa Maros, Kecamatan Pesisir, Poso, yang mengakibatkan dua teroris tewas.

Lalu pada 3 Maret 2021 kontak tembak antara aparat keamanan dan kelompok teroris MIT kembali terjadi. Peristiwa ini mengakibatkan 1 personel Brimob gugur.

Kemudian pada 11 Mei 2021, aksi kelompok teroris MIT kembali berulang. Mereka dengan sadis membunuh 4 petani di Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Poso.

"Terkait pembunuhan terhadap 4 orang petani dan aksi kekerasan lain oleh kelompok teroris Poso, pemerintah mengutuk keras tindakan tersebut," kata Mahfud dalam konferensi pers di Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (19/5/2021).

Mahfud memerintahkan aparat keamanan meningkatkan pengejaran terhadap para pelaku aksi teror di Poso.

"Meminta aparat keamanan dan aparat penegak hukum untuk meningkatkan pengamanan dan pengejaran terhadap kelompok teroris di wilayah itu," ucapnya.

Sebelumnya, teroris MIT Poso, Sulawesi Tengah, melakukan aksi biadab dengan melakukan pembunuhan keji terhadap 4 petani warga di Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (11/5).

Saksi warga setempat melaporkan bahwa pelaku tindakan keji ini adalah Qatar bersama 4 orang gerombolan teroris lainnya, yang merupakan anggota organisasi teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora. Sedangkan empat orang petani yang menjadi korban adalah Sdr MS (52), SS (61), P, dan L.

Dari 4 korban, 2 warga sebelumnya ditemukan dengan kepala terpenggal. 2 Warga itu dibunuh secara sadis oleh kelompok MIT di kawasan perkebunan warga di Desa Kalimango, Kecamatan Lore Timur, Poso, pada Selasa (11/5) pagi.

"Jadi ada dua korban ditemukan tewas," ujar Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Didik Supranoto kepada detikcom, Selasa (11/5).

Simak Video: Cerita Korban Selamat Pembunuhan Kelompok MIT di Poso

[Gambas:Video 20detik]



(fas/tor)