Kembali Diperpanjang, Kini PPKM Mikro Diterapkan di Seluruh Provinsi

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 16:04 WIB
Airlangga
Airlangga Hartarto (Kemenko Perekonomian)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan perkembangan terkini seputar penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kini, Provinsi Gorontalo, Maluku, Maluku Utara (Malut), dan Sulawesi Barat masuk daftar provinsi yang akan menerapkan PPKM pada 1 Juni 2021.

Mulanya, Airlangga mengungkap sebaran kasus aktif Corona. Ada 56,4 % kasus aktif di Pulau Jawa dan 21,3% kasus aktif di Pulau Sumatera.

"Catatan tingkat provinsi kasus aktif dari 56,4 persen kasus aktif di Pulau Jawa, (dan) 21,3 persen di Sumatera dan yang berkontribusi terhadap 65 % kasus aktif adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Papua, Jawa Tengah dan Riau," ujar Airlangga dalam konferensi pers melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (24/5/2021).

Dari kasus aktif di Indonesia, 31,4% berada di Jawa Barat sehingga hal tersebut menjadi perhatian serius pemerintah.

Kasus Aktif Corona Meningkat di 10 Provinsi

Sementara itu, untuk tingkat provinsi, Airlangga mencatat ada 10 provinsi yang kasus aktif Corona-nya meningkat.

"Sepuluh provinsi meningkat, Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, NTB, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Maluku dan Maluku Utara," imbuh Airlangga.

4 Provinsi yang Masuk List Terapkan PPKM Mikro

Kemudian dari provinsi non PPKM, ada 4 provinsi yang akan disertakan ke dalam daftar provinsi yang menerapkan PPKM, yakni Gorontalo, Maluku, Sulawesi Barat dan Maluku Utara. Hal itu dikarenakan ketiganya mengalami kenaikan kasus aktif.

"Gorontalo, Maluku, dan Maluku Utara mengalami kenaikan kasus aktif, oleh karena itu untuk PPKM Mikro tahap selanjutnya 1-14 Juni mendatang, maka Gorontalo, Maluku, Maluku Utara diikutsertakan, ditambah Provinsi Sulawesi Barat," tutupnya.

Sebelumnya, ada 30 provinsi yang menerapkan PPKM. Dengan adanya keputusan Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat, juga menerapkan PPKM, semua provinsi di Indonesia menerapkan PPKM.

Lihat juga Video: Kapolri Ingatkan Arus Balik Lebaran di DKI: PPKM Mikro Harus Diperkuat!

[Gambas:Video 20detik]

(isa/imk)