Motor Merah Tua Ganjar Pranowo

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 14:52 WIB
Ganjar Pranowo mengelap sepeda motor merahnya. (TikTok @ganjarpranowofc)
Ganjar Pranowo mengelap sepeda motor merahnya. (TikTok/@ganjarpranowofc)
Jakarta -

Ganjar Pranowo sedang jadi buah bibir lantaran mendapat ganjaran 'kartu merah' dari PDIP. Ganjar dianggap offside alias kelewatan dan sok pintar menatap Pilpres 2024.

Manuver apa yang dilakukan Ganjar sehingga dianggap kelewatan? Rupanya Ganjar dianggap punya pasukan khusus siber untuk nge-gas elektabilitasnya menuju Pilpres 2019. Data dari sumber detikcom, Ganjar menempati empat besar kepala daerah dengan follower terbesar di beberapa platform medsos. Posisi Ganjar bahkan melebihi Gubernur DKI Anies Baswedan.

Berdasarkan pengecekan detikcom, Senin (25/5/2021), Ganjar memiliki 4.383 postingan dengan jumlah pengikut 3,4 juta. Konten Instagram Ganjar disebut didominasi oleh wajah Ganjar Pranowo. Sedangkan akun Ridwan Kamil disebut berisi 50 persen wajah RK dan konten di IG Anies disebut didominasi soal pekerjaan sebagai Gubernur DKI.

Data dari sumber detikcom, Ganjar Pranowo juga menjadi satu-satunya kepala daerah yang memiliki akun YouTube pribadi. Akun YouTube-nya disebut mengunggah 841 video dengan jumlah 961 ribu subscriber. Jumlah postingan akun pribadinya lebih besar dari akun Pemprov Jateng yang memposting 163 video di akun YouTube sejak 22 April 2016. Tak dijelaskan jumlah pengikut akun YouTube Pemprov Jateng.

"Bahkan jumlah konten YouTube GP lebih banyak dari artis-artis yang memang harus mendedikasikan waktu dan untuk itu," kata sumber yang sedang terlibat psywar dengan Ganjar Pranowo tersebut.

Lantas apakah Ganjar Pranowo memang menggunakan beragam akun medsos untuk mendongkrak elektabilitasnya? Tentu hanya Ganjar yang bisa menjawab pertanyaan ini. Hanya dari beragam survei capres memang elektabilitas Ganjar Pranowo tumbuh bersama popularitasnya. Meski Ganjar kerap meng-upload konten remeh, ketika dicek komen para follower-nya, memang banyak juga yang mendorong Ganjar maju di Pilpres 2024.

Salah satunya adalah konten TikTok @ganjarpranowofc saat Ganjar memposting dia yang berbatik ungu tengah mengelap motor merah tuanya. Dari komentar follower Ganjar motor lawas berpelat AA-6960-DD tersebut ialah motor Yamaha L2 Super yang mengadopsi mesin 2-tak dengan kapasitas 97 cc. Ganjar memposting konten tersebut di hari yang sama saat dia tidak diundang dalam pertemuan Puan Maharani dengan jajaran petinggi PDIP Jawa Tengah yang kini jadi isu 'sliding tackle' terhadap mimpi Ganjar jari Presiden yang sedang hangat-hangatnya.

Selanjutnya, caption di postingan TikTok ini: