Ma'ruf Cahyono Ingatkan Alumni Unsoed soal Kontribusi ke Negara

Nurcholis Maarif - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 12:19 WIB
Sekjend MPR Maruf Cahyono saat menghadiri halalbihalal.
Foto: MPR
Jakarta -

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono menghadiri halalbihalal Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman (KAFH Unsoed). Dalam acara itu, ia menyebut tiga hal pentingnya pondasi nilai-nilai, tata kelola organisasi yang baik, dan kontribusi mewujudkan kesejahteraan alumni.

Menurut Ketua Umum KAFH Unsoed ini, ketiganya merupakan satu rangkaian yang diharapkan dapat mendorong kontribusi KAFH kepada almamater, masyarakat, bangsa, dan negara. Ia juga mengingatkan salah satu tugas KAFH adalah menjaga, merawat, dan menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan, yakni nilai religiusitas, humanitas, nasionalitas, demokrasi dan keadilan.

"Dengan implementasi nilai-nilai yang baik akan dapat membangun soliditas, memperkuat solidaritas, dan berkontribusi membangun bangsa bangsa dan negara," ujar dia dalam keterangannya, Senin (24/5/2021).

Lebih lanjut Ma'ruf mengajak kepada seluruh anggota KAFH untuk menjadikan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sebagai pedoman dalam menjalankan roda organisasi dan menyusun program kerja.

"Program kerja yang telah dirumuskan dalam rapat kerja KAFH yang lalu akan menjadi panduan operational dalam mewujudkan visi dan misi KAFH Unsoed," tegasnya.

Untuk itu, diperlukan soliditas dan solidaritas agar keluarga alumni memiliki semangat yang sama untuk mewujudkan visi dan misi melalui penguatan implementasi nilai-nilai kebangsaan serta tata kelola yang baik untuk kesejahteraan alumni berdasarkan prinsip kekeluargaan dan kegotongroyongan.

"Dengan soliditas dan solidaritas, maka KAFH akan mampu beradaptasi dengan kondisi apapun termasuk menghadapi bencana pandemi COVID-19 beserta dampaknya yang sama-sama kita alami. Dengan tata kelola yang baik Insyaallah apa yang diharapkan alumni di seluruh wilayah Tanah Air dan mancanegara akan keberadaan KAFH akan dapat dirasakan manfaatnya oleh kita semua," jelasnya.

Ia juga mengatakan mengukur manfaat keberadaan alumni tentu tidaklah sulit jika dimulai dari hal yang sangat sederhana. Maka menurutnya silaturahmi pada malam hari ini adalah wujud konkret dari implementasi terhadap nilai-nilai dan tata kelola sebagaimana yang dia sampaikan.

"Di mana kesejahteraan alumni tidak hanya diukur dari aspek-aspek yang bersifat ekonomis, tetapi kohesi sosial yang kuat di antara para alumni dalam ikatan kekeluargaan, saling empati, mau berbagai dan peduli sesama alumni, dan sosial kemasyarakatan adalah wujud nyata dari kebahagiaan dan kesejahteraan alumni," ujarnya.

"Dengan penguatan kelembagaan KAFH melalui pendirian Yayasan Yustisia Soediriman Purwokerto saya meyakini bahwa KAFH akan semakin mampu berperan dalam masyarakat, bangsa dan negara," imbuh Ma'ruf.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Hukum Unsoed Prof. Dr. Ade Maman Suherman menyampaikan apresiasi atas berbagai kegiatan yang dilakukan oleh KAFH dalam mendukung almamater. Ia mengajak semua untuk saling ikhlas maaf memaafkan dan memperkuat ikatan persaudaraan untuk melakukan berbagai kegiatan berkontribusi bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Hal senada disampaikan Ustaz Kompol Pujiono saat menyampaikan tausiyah. Ia mengingatkan kepada semua tentang pentingnya silaturahmi dan saling ikhlas maaf memaafkan. Ia juga mengajak semuanya untuk berkontribusi bagi masyarakat, khususnya masyarakat Banyumas dan sekitarnya.

Pada saat yang sama juga digelar pemberian bantuan dari Yayasan Yustisia KAFH kepada Panti Asuhan Putri Muhamadiyah Pekuncen yang diasuh oleh Ma'arifudin dan Panti Asuhan Muhamadiyah Ajibarang yang diasuh oleh Kusnaeni.

Lihat juga video 'Analisis Pakar Hukum Tata Negara Antara Masa Jabatan Presiden dan Penghidupan GBHN':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)