SNMPTN 2021, Unsoed Purwokerto Sediakan Kuota 1.218 Kursi

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 16 Feb 2021 11:21 WIB
unsoed di banyumas
Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Purwokerto -

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021 sudah dibuka sejak kemarin hingga Rabu (24/2). Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menyediakan 1.218 kursi untuk jalur SNMPTN 2021.

"Rencananya pada tahun ini (Unsoed) akan menerima 1.218 calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN," kata anggota Tim Sosialisasi SNMPTN Unsoed, Wisnu Widjanarko, dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (16/2/2021).

Jumlah tersebut, kata Wisnu, tersebar di 39 program studi. Pada program sarjana terdiri dari 24 program studi sains dan teknologi (saintek) dan 15 program studi sosial humaniora (soshum).

"Masing-masing daya tampungnya dapat dilihat di laman https://spmb.unsoed.ac.id/peminat-dan-daya-tampung," jelasnya.

Dia mengatakan jika pada rangkaian SNMPTN 2021, selain melakukan pendaftaran, para siswa juga dapat memilih program studi serta perguruan tinggi.

"Sesuai dengan informasi awal yang telah disampaikan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), maka pada 15-24 Februari 2021, siswa yang telah terdaftar di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Sisa) dan eligible, melanjutkan ke tahap berikutnya, selanjutnya dapat memilih program studi," ujarnya.

Berkaitan dengan pilihan program studi, lanjut dia, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan dan dicermati seksama oleh calon pendaftar.

"Pertama, setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu atau dua PTN (perguruan tinggi negeri). Kedua, jika memilih dua program studi, maka salah satunya harus berada di PTN yang lokasinya sama pada provinsi dengan SMA/SMK/MA asalnya," jelasnya.

Namun, lebih lanjut dia menjelaskan jika hanya satu program studi saja yang dipilih, maka siswa dapat memilih di PTN pada provinsi mana pun. Selain itu, untuk yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan, wajib mengunggah portofolio.

"Disarankan juga untuk tidak lintas minat, namun tentunya tergantung dari ketentuan PTN yang dituju," ucapnya.

Dia melanjutkan bagi para calon pendaftar, setidaknya ada tujuh hal yang mesti dilakukan dalam mendaftar SNMPTN 2021, diantaranya yakni:
1. log-in di https://portal.ltmpt.ac.id
2. Mengisi kelengkapan data orang tua pada halaman profil.
3. Melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan prodi yang dipilih pada halaman pilihan.
4. Mengisikan portofolio sesuai kebutuhan program studi.
5. Mengisikan prestasi pada halaman prestasi (tidak wajib).
6. Melakukan finalisasi pada halaman finalisasi.
7. Mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

(sip/mbr)