Dzikir Pagi Hari yang Bisa Diamalkan Setiap Hari

Rahma I Harbani - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 11:59 WIB
Portrait of a young muslim woman in Malaysia, Kuala Lumpur.
Foto: Getty Images/lechatnoir
Jakarta -

Salah satu amalan yang bisa kita lakukan di pagi hari adalah dzikir pagi hari dan berdoa. Bagaimana bunyi bacaan dzikir pagi hari?

Sebelum masuk dalam bacaan dzikir pagi hari, kita harus memahami arti dari dzikir itu sendiri. Secara bahasa dzikir berarti mengingat, sementara secara istilah dzikir memiliki arti membasahi lidah dengan ucapan-ucapan pujian kepada Allah.

Sebab itu dzikir dapat diartikan dengan menyebut dan mengucapkan nama Allah atau menjaga dalam ingatan (mengingat). Berdzikir merupakan ibadah madhoh, yakni ibadah langsung kepada Allah SWT, seperti yang dikutip dari buku Dzikir Pagi dan Petang karya Ustadz Fadli Ramadhan.

Keutamaan berdzikir termaktub dalam firman Allah dalam QS. Ar Ra'd ayat 28 yang berbunyi:

الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَىِٕنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَلَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَىِٕنُّ
الْقُلُوْبُ ۗ

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS. Ar Ra'd ayat 28).

Untuk dzikir pagi bisa dilakukan setelah melaksanakan sholat Subuh hingga terbit matahari atau sampai matahari meninggi saat waktu dhuha, kira-kira jam tujuh atau jam delapan.

Amalan berdzikir di waktu pagi pun tercantum dalam Al Quran Surat Al Ahzab ayat 41-42.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا
وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلً

Artinya: "Hari orang-orang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang." (QS. Al Ahzab: 41-42).

Allah SWT juga berfirman mengenai anjuran berdzikir pagi hari dalam Thahaa ayat 130:

فَاصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوْعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوْبِهَا ۚوَمِنْ اٰنَاۤئِ الَّيْلِ فَسَبِّحْ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضٰى

Artinya: "Maka sabarlah engkau (Muhammad) atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum matahari terbit, dan sebelum terbenam; dan bertasbihlah (pula) pada waktu tengah malam dan di ujung siang hari, agar engkau merasa tenang."

Selain ayat-ayat Al Quran, Rasulullah SAW pun sangat menganjurkan dzikir pagi sebagaimana yang diriwayatkan dalam Hadits Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda:

"Sungguh, aku duduk bersama beberapa orang yang berdzikir kepada Allah SWT setelah sholat Subuh hingga matahari terbit lebih aku sukai daripada memerdekakan empat keturunan Nabi Ismail. Sungguh, aku duduk bersama beberapa orang yang berdzikir kepada Allah Ta'ala setelah sholat Ashar hingga tebenamnya matahari lebih aku sukai daripada memerdekakan empat orang." (HR. Abu Dawud dan dihasankan oleh Syekh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud 2/698).

Adapun bacaan dzikir pagi yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dan diriwayatkan dalam hadits Imam Bukhari:

Bacaan Dzikir Pagi Hari

1. Sayyidul Istighfar

Lafadz Sayyidul istighfar adalah sebagai berikut :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah! Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hambaMu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmatMu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau."

Diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Bukhari dari Syaddad bin Aus ra, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa mengucapkannya (Sayyidul istighfar) di siang hari dengan meyakininya lalu dia mati pada hari itu sebelum sore hari, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya di malam hari dengan meyakininya lalu dia mati pada malam itu sebelum pagi, maka dia termasuk penghuni surga."

Klik halaman selanjutnya