Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya

Kristina - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 10:20 WIB
Minum Air dan Makan Kurma, Sunah Buka Puasa yang Dicontohkan Rasulullah SAW
Foto: iStock
Jakarta -

Mengerjakan amalan sunnah di bulan Syawal memiliki berbagai keutamaan. Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah puasa Senin Kamis.

Allah SWT mencintai hamba-Nya yang senantiasa menjalankan amalan-amalan sunnah termasuk puasa. Puasa merupakan ibadah dengan beragam manfaat baik untuk jasmani maupun rohani.

Beberapa riwayat mengatakan puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Merujuk pada salah satu hadits Nabi SAW, Aisyah ra. mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa di hari Senin dan Kamis. Hadits ini diriwayatkan dalam Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad.

Dari Aisyah ra ia mengatakan: "Rasulullah SAW sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, Imam Ahmad).

Lantas, apa keutamaan hari Senin dan Kamis?

Dikutip dari buku Puasa Senin-Kamis oleh Mahmud Ahmad Mustafa, hari Senin dan Kamis merupakan hari diperiksanya amal seseorang. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Amal-amal perbuatan itu diajukan (diaudit) pada hari Senin dan Kamis, oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan (diaudit) pada saat aku sedang puasa." (HR. Tirmidzi).

Hari Senin dan Kamis merupakan hari dibukanya pintu-pintu surga. Dalam setahun Allah SWT telah menentukan waktu-waktu khusus untuk membuka pintu surga bagi para hamba-Nya. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang di antaranya dan saudaranya terdapat permusuhan. Kemudian dikatakan, lihatkah kedua orang ini hingga keduanya berdamai." (HR Al Khatib, Muslim, Abu Daud, Nasa'i, At-Tarmidzi, dan Ibnu Hibban).

Niat Puasa Senin Kamis

1. Niat Puasa Senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Arab-latin: Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala."

2. Niat Puasa Kamis:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Arab-latin: Nawaitu shauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."

Tonton juga Video "Ahli Gizi: Tidur Setelah Puasa Tidak Apa-apa":

[Gambas:Video 20detik]



(nwy/nwy)