Fakta-fakta Gempa Hari Ini di Maluku Tengah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 09:39 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Ilustrasi gempa hari ini (Foto: iStock)
Jakarta -

Informasi gempa hari ini datang dari Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Gempa yang berpusat di lautan ini berkekuatan magnitudo (M) 4,0.

"(Titik gempa) 20 km barat daya Masohi, Maluku Tengah," tulis BMKG dalam Twitter resminya, @infoBMKG, Senin (24/5/2021).

Menurut informasi yang disampaikan BMKG, gempa hari ini (24/5) terjadi pukul 06.32 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km.

Sementara itu, titik koordinat gempa ada di 3,47 Lintang Utara-128,80 Bujur Timur. Gempa juga dirasakan di Saparua, dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI), artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Selain informasi gempa hari ini, ada sejumlah gempa yang terjadi kemarin, yakni:

Gempa Banten

Gempa juga sempat mengguncang Pandeglang, Banten. Bahkan gempa terjadi dua kali dalam selang waktu 2 menit saja.

"Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter awal gempa pertama M 5,0 dan gempa kedua M 5,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 4,9 dan M 5,2," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono lewat keterangannya, Minggu (23/5/2021).

Pusat gempa berada di barat laut Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Menurut BMKG, gempa tersebut berjenis gempa dangkal.

Guncangan gempa dirasakan di sejumlah daerah, di antaranya Kalapnunggal, Sukabumi, Labuan, Munjul, Rangkasbitung, Banjarsari, Cileles, Cirinten, dan Bayah.

Gempa Bukittinggi

Selain informasi gempa hari ini, hari sebelumnya gempa juga terjadi di Bukittinggi, Sumatera Barat. Gempa berkekuatan magnitudo (M) 2,6 yang terjadi di darat.

Menurut BMKG, gempa terjadi pada Minggu (23/5) pukul 02.39 WIB. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

"Pusat gempa berada di darat 2 km barat laut Bukittinggi," tulis @infoBMKG.

Gempa susulan kembali terjadi pukul 04.02 WIB. Gempa kali ini berkekuatan M 2,2 dengan kedalaman 10 kilometer.

Kekuatan gempa kali ini dirasakan MMI I-II. MMI I artinya getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang. Sementara MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Simak juga video 'Gempa Terasa Hingga Jakarta dan Jawa Barat, Netizen Heboh':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)