Detik-detik Pesawat Batik Air Mendadak Maju dan Tabrak Garbarata di Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 13:34 WIB
Pesawat Batik Air tabrak garbarata di Ngurah Rai
Pesawat Batik Air tabrak Garbarata (Foto: Dok. Bandara Ngurah Rai)
Jakarta -

Pesawat Batik Air ID-6506 awalnya sudah mendarat dengan sempurna di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Tetapi, pesawat itu mendadak maju lagi hingga akhirnya menabrak garbarata.

Berikut detik-detik insiden pesawat Batik Air menabrak garbarata:

Pesawat dari Soekarno-Hatta

Insiden ini terjadi pada Sabtu (22/5/2021). Pesawat tersebut awalnya terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pesawat landing pukul 09.22 Wita. Kala itu, petugas sudah bersiap menyambut kedatangan penumpang dari pesawat.

Pesawat Sudah Berhenti, Mendadak Maju Lagi

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira menceritakan saat itu semua petugas sudah standby. Pesawat yang sudah berhenti mendadak maju lagi.

"Semua sudah standby, garbarata sudah standby, marshalling sudah standby dan pesawat pun sebenarnya sudah berhenti, cuma tiba-tiba pesawat tersebut maju sehingga menabrak garbarata," tutur Taufan saat ditemui di kantornya, Minggu (23/5/2021).

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan YudhistiraStakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira (Sui Suadnyana/detikcom)

Penumpang Masih Berada di Pesawat

Pesawat itu membawa 119 penumpang dan 4 awak. Ketika kejadian, penumpang masih berada di dalam pesawat.

Taufan mengatakan kondisi penumpang dan kru pesawat tidak ada yang luka dan dalam keadaan baik. Akibat kejadian tersebut, mesin pesawat jenis Airbus A320 itu mengalami robek pada mesin sebelah kiri bagian atas.

Penyebab Belum Dipastikan

Pesawat tersebut menabrak garbarata usai mendadak maju lagi sekitar 6 meter padahal sudah diberhentikan. Taufan belum bisa menduga-duga penyebab kejadian itu.

"Ya saat ini masih investigasi, jadi kita belum bisa memberikan informasi terkait karena apa kemudian tindak lanjutnya seperti apa karena memang dari tim regulator dan investigator belum mengeluarkan statement," jelasnya.

Simak Video: Kronologi Batik Air Tabrak Garbarata di Bandara Ngurah Rai Bali

[Gambas:Video 20detik]




(imk/imk)