Tabrak Garbarata, Pesawat Batik Air Di-grounded Hingga Investigasi Kelar

Sui Suadnyana - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 12:50 WIB
Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira
Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira (Sui Suadnyana/detikcom)
Badung -

Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6506 menabrak garbarata di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (22/5/2021). Pesawat tersebut belum diizinkan terbang sampai hasil investigasi keluar.

"Posisi pesawat saat ini sudah grounded, sudah dipindahkan dari stand parkir A38 ke A44 untuk dilakukan investigasi. Jadi posisinya masih grounded belum bisa melakukan penerbangan sebelum investigasi keluar," kata Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Taufan Yudhistira di kantornya, Minggu (23/5/2021).

Hingga saat ini, Taufan belum mengetahui berapa orang yang diinvestigasi dalam kejadian tersebut. Taufan pun belum mengetahui apakah pihak maskapai sudah dimintai keterangan atau belum atas kejadian tersebut. Sebab, investigasi sepenuhnya dilakukan oleh otoritas bandara wilayah IV.

"Sebenarnya ini sudah jalan melakukan investigasi. Tim yang melakukan investigasi adalah teman-teman dari Otoritas Bandara Wilayah IV. Investigasi masih berjalan kemudian untuk pesawatnya sementara posisi masih grounded di parking stand A44," kata dia.

Pesawat Batik Air tabrak garbarata di Ngurah RaiPesawat Batik Air tabrak garbarata di Ngurah Rai. (Foto: Dok. Bandara Ngurah Rai)

Penyebab Belum Dipastikan

Pesawat tersebut menabrak garbarata usai mendadak maju lagi sekitar 6 meter padahal sudah diberhentikan. Taufan belum bisa menduga-duga penyebab kejadian itu.

"Ya saat ini masih investigasi, jadi kita belum bisa memberikan informasi terkait karena apa kemudian tindak lanjutnya seperti apa karena memang dari tim regulator dan investigator belum mengeluarkan statement," jelasnya.

Penumpang Selamat

Ketika kejadian, ada 4 awak pesawat dan 119 penumpang di dalam pesawat Batik Air. Seluruh penumpang dalam kondisi selamat.

"Crew dan pax (pesawat) dalam kondisi baik dan tidak ada yang terluka. (Saat kejadian penumpang belum turun) masih menunggu pemberitahuan untuk turun," kata Taufan sebelumnya.

Baru Pertama Kali Terjadi

Menurut Taufan, kejadian pesawat menabrak garbarata baru pertama kali terjadi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Selama yang saya ketahui memang baru pertama kali terjadi, sebelumnya memang belum pernah ada dan baru pertama kali terjadi di hari Sabtu kemarin tanggal 22 Mei," tuturnya.

Simak Video: Kronologi Batik Air Tabrak Garbarata di Bandara Ngurah Rai Bali

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)