Langgar Prokes, THM Berkedok Warung Bakso di Makassar Dibubarkan Satgas

Ibnu Munsir - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 10:23 WIB
Tempat hiburan malam berkedok warung bakso di Makassar dibubarkan satgas (Ibnu Munsir/detikcom)
Tempat hiburan malam berkedok warung bakso di Makassar dibubarkan satgas. (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar -

Satgas Pengurai Kerumunan (Satgas Raika) membubarkan sebuah tempat hiburan malam (THM) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Tempat hiburan malam ini diduga berkedok warung bakso.

"THM berkedok Warung bakso, warung bakso Bang Jago," kata Kasatpol PP Kota Makassar, Imam Hud, Minggu (23/5/2021).

Dari video yang dikirim, petugas gabungan masuk ke sebuah tempat di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Petugas tampak marah saat menyaksikan adanya kerumunan tanpa protokol kesehatan COVID-19. Selain itu, terlihat live music hingga minuman keras di atas meja.

"Kalau kelakuanmu begini, kamu yang akan menyebar COVID. Ini kedok bakso, di dalam bir, di luar jualan bakso, Anda kumpulin orang baru berbuat begini (kerumunan), seandainya tadi buka tak ada permasalahan, anda matikan lampu tak boleh keluar," jelas seorang anggota TNI.

Petugas Akan Periksa Izin Usaha THM

Para pelanggan THM berkedok warung bakso itu melanggar protokol kesehatan. Petugas juga akan memeriksa izin usaha dan minuman beralkohol di tempat tersebut.

"Warung Bakso Bang Jago, sebenarnya melaksanakan aktifitas selayaknya THM yang menyediakan hiburan malam. Pelanggaran dilakukan adalah pelanggaran prokes dan jam operasional, selain itu sementara didalami pelanggaran izin operasionalnya," kata Sekretaris Satpol PP Makassar Iqbal Asnan dikonfirmasi terpisah.

Tempat hiburan malam berkedok warung bakso di Makassar dibubarkan satgas (Ibnu Munsir/detikcom)Tempat hiburan malam berkedok warung bakso di Makassar dibubarkan satgas. (Ibnu Munsir/detikcom)

"TNI dan Polri yang juga tergabung dalam Satgas Raika, supaya masyarakat tahu kalau ini adalah kebijakan negara yang dikawal oleh semua alat negara, sehingga pemilik usaha akan lebih serius dalam mematuhi SE Wali Kota Makassar," terangnya.

THM Langgar Batas Jam Operasional

Iqbal mengatakan pemerintah telah mengatur batas jam operasional usaha makanan dan minuman. Diketahui selama pandemi, Pemkot Makassar membatasi jam operasional hingga pukul 22.00 Wita.

"Sesuai batas jam operasional dalam surat edaran Wali Kota adalah jam 22.00 Wita, mereka masih beroperasi lewat dari jam 24.00 wita," tambahnya.

Tonton juga Video: Abaikan Prokes, Begini Suasana Arus Balik di Pelabuhan Parepare

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)