Politikus PDIP soal Survei Capres 2024: Pilpres Penuh Kejutan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 17:49 WIB
Kantor DPP PDIP ramai didatangi massa yang gelar aksi peringatan Kerusuhan Dua Puluh Tujuh Juli (Kudatuli). Aksi tabur bunga warnai peringatan tersebut.
Foto: Pendukung PDIP (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Politikus PDIP, Diah Pitaloka merespons hasil survei calon presiden (capres) 2024 yang dirilis Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC). Menurutnya, pemilihan presiden (pilpres) selama ini selalu penuh dengan kejutan.

"Saya melihat pemilihan presiden di Indonesia selalu penuh kejutan, karena kita dari beberapa kali pergantian presiden, tokohnya nggak terkalkulasi sejak awal," kata Diah dalam rilis survei yang disiarkan secara virtual, Sabtu (22/5/2021).

Diah menuturkan hasil survei yang disampaikan ARSC merupakan suatu prediksi yang menarik. Dia menyebut pemilih pilpres tidak semuanya memilih pemimpin dengan menggunakan akal sehat.

"Menurut saya, ini prediksi yang cukup menarik, mengingat pemilih Indonesia itu tidak melulu pemilih nasional, tapi juga bermain dengan irasionalitas," tuturnya.

ARSC merilis survei elektabilitas capres untuk 2024. Dari 10 besar nama kandidat yang disampaikan, tiga di antaranya merupakan kandidat capres perempuan, yakni Tri Rismaharini, Puan Maharani, dan Khofifah Indar Parawansa. Menurut Diah, ada suatu perubahan dalam perpolitikan dengan masuknya ketiganya dalam kandidat capres 2024.

"Yang menurut saya konsisten dari survei ini pertama, perempuan tidak masalah jadi presiden. Nah, menurut saya, ini hal yang baru ter-statement. Jadi dari 10 capres yang paling diunggulkan, ada tiga kandidat perempuan," ujarnya.

"Sebagai presiden, itu menurut saya satu hal yang baru dan cukup strong ya, cukup strong bahwa ada perubahan nilai di Indonesia di momen politik ini dan ini menurut saya satu nilai baru yang bagi pemilih Indonesia bahwa perempuan sudah diterima. Kalau tadi konsederasinya ada pengalaman kinerja, ternyata banyak sekali perempuan Indonesia sudah ada di wilayah politik, di wilayah publik, dan kepala daerah. Publik mulai melihat bahwa tidak ada persoalan dengan perempuan di tampuk kepemimpinan," sambungnya.

Sebelumnya, Perkumpulan Kader Bangsa menggandeng Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) melakukan survei elektabilitas capres untuk 2024. Survei digelar pada 26 April hingga 8 Mei 2021 melalui wawancara telepon. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak di 34 provinsi. Margin of error survei ini kurang-lebih 2,9 persen.

Responden dalam survei ini diberi pertanyaan 'Jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, dari nama-nama berikut ini, siapakah yang Anda pilih menjadi Presiden Republik Indonesia?'. Berikut ini jawabannya.

Anies Baswedan 17,01%
Prabowo Subianto 14,31%
Ganjar Pranowo 11,25%
Sandiaga Uno 6,87%
Ridwan Kamil 5,86%
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 5,55%
Tri Rismaharini 3,97%
Airlangga Hartarto 3,83%

Puan Maharani 2,48%
Khofifah Indar Parawansa 0,66%
Erick Thohir 0,41%
Said Aqil Siroj 0,41
Tito Karnavian 0,33%
Ma'ruf Amin 0,33%
Bambang Soesatyo 0,33%
Muhaimin Iskandar 0.25%
Tidak tahu 7,77%
Tidak jawab 2,23%
Lainnya 16,15%

Simak video 'Survei Capres 2024 Versi ARSC: Anies Teratas, Disusul Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)