Ragunan Mulai Ramai Didatangi Pengunjung Pagi Ini

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 10:13 WIB
Jakarta -

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mulai ramai didatangi pengunjung pagi ini. Terlihat pengunjung datang bersama rombongan keluarga.

Pantauan detikcom, Sabtu (22/5/2021), para pengunjung memadati area pintu masuk Ragunan. Sebelum pengunjung masuk ke area Ragunan, petugas melakukan pengecekan suhu tubuh.

Sementara itu, di gerbang depan, personel Polisi Lalu Lintas, petugas Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP bersiaga untuk mencegah kemacetan. Lalu lintas pun terpantau lancar dan cukup ramai.

Di pintu masuk, sejumlah fotografer terlihat menawarkan jasanya kepada pengunjung. Ada juga pedagang makanan hingga mainan anak yang sudah menggelar lapak mereka.

Data yang diterima detikcom, sebanyak 626 pengunjung masuk Ragunan per pukul 08.00 WIB. Pengunjung yang menggunakan roda dua mendominasi. Masih dari data pengelola Taman Margasatwa Ragunan, sebanyak 94 unit sepeda motor, 53 unit kendaraan roda empat, dan 29 unit sepeda masuk area parkir.

Sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan 'diserbu' pengunjung pada H+1 dan H+2 Idul Fitri 1442 H. Akhirnya tempat wisata ini ditutup.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya. Bukan hanya Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Impian Jaya Ancol juga ditutup sementara.

Berikut bunyi surat yang ditujukan Gumilang ke tiga tempat wisata itu:

Berdasarkan hasil evaluasi peningkatan pengunjung pada tanggal 14 Mei 2021 dan tanggal 15 Mei, maka kepada pengelola Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Taman Margasatwa Ragunan dengan ini disampaikan hal sebagai berikut:

1. Terhitung mulai tanggal 16 Mei 2021 sampai tanggal 17 Mei 2021 agar melakukan penutupan sementara tempat usaha dalam rangka penguatan protokol kesehatan

2. Kawasan usaha pariwisata akan dibuka kembali pada tanggal 18 Mei 2021.

Surat ini ditembuskan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wagub DKI A Riza Patria, dan sejumlah pejabat daerah.

(aud/aud)