Istri Balik Mudik Positif COVID, Pria di Senen 'Nyusul' Isolasi Mandiri

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 00:03 WIB
Petugas menyemprot disinfektan di wilayah rumah warga yang positif COVID-19 usai mudik
Foto: (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Seorang perempuan warga Senen, Jakarta Pusat (Jakpus), positif COVID-19 usai pulang mudik dari kampung halaman. Menyusul sang istri yang diisolasi, suami perempuan tersebut terpapar COVID-19.

Kapolsek Senen Kompol Ari Susanto menjelaskan pria tersebut terkonfirmasi positif setelah polisi melakukan tracing seusai melakukan swab ke istrinya yang positif COVID.

"Iya yang pulang mudik kemarin kan positif satu perempuan, semua keluarganya di-swab dan PCR, positif juga suaminya, lainnya negatif," kata Kapolsek Senen, Kompol Ari Susanto kepada wartawan, Jumat (21/5/2021).

Suami dari perempuan tersebut kemudian menyusul istrinya menjalani isolasi mandiri. Hal ini dilakukan atas rekomendasi Puskemas.

"Suami dari yang kena COVID kemarin sekarang positif juga. Langsung kirim ke Hotel Ibis lagi untuk isolasi mandiri," ujarnya.

Petugas menyemprot disinfektan di wilayah rumah warga yang positif COVID-19 usai mudikPetugas menyemprot disinfektan di wilayah rumah warga yang positif COVID-19 usai mudik (Dok. Istimewa)

Petugas kemudian melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan rumah pasangan suami istri tersebut. Penghuni rumah diimbau agar tetap berada di dalam rumah.

"Setelah selesai penyemprotan diimbau kepada penghuni rumah tersebut jangan kemana-mana sampai hasil PCR dari Puskesmas keluar," imbuhnya.


1 Pemudik di Tamansari reaktif

Polsek Tamansari, Jakarta Barat juga melakukan swab kepada ratusan pemudik. Total ada 282 pemudik yang di-swab antigen sejak Minggu (16/5) hingga Kamis (20/5).

"Untuk hasilnya ada 1 orang warga reaktif sudah di isolasi di Wisma BNI Tamansari," katanya.

Swab antigen pemudik dilaksanakan jajaran Polda Metro Jaya hingga tanggal 24 Mei 2021. Upaya ini dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19 seusai mudik lebaran.

(rfs/mea)