detikcom Do Your Magic

Pemprov DKI Kaji Pembuatan Kantong Parkir di Jl Prof Dr Satrio Jaksel

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 21:33 WIB
Pindah dari JLNT Casablanca, pemotor kini parkir di trotoar depan Apartemen Somerset, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.
Foto: Pemotor parkir di trotoar depan Apartemen Somerset, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jaksel. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Trotoar di Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, dijadikan lokasi parkir dadakan oleh pengendara motor. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Dinas Perhubungan (Dishub) sedang mempertimbangkan pembuatan kantong parkir di kawasan Jl Prof Dr Satrio.

"Kami juga nanti akan mempertimbangkan, apakah diperlukan menyiapkan parkir khusus di daerah-daerah yang memang banyak sekali motor-motor yang kekurangan tempat parkir. Dinas Perhubungan nanti akan melakukan kajian," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/5/2021).

Riza tak menampik kawasan Jl Prof Dr Satrio kekurangan lahan parkir, lantaran banyaknya gedung perkantoran hingga mall berlokasi di sepanjang Jl Prof Dr Satrio. Sehingga, warga kerap memarkirkan kendaraan roda dua di trotoar dan taman sekitar.

"Kami minta masyarakat pengguna motor jangan menggunakan trotoar, apalagi jalan atau taman sebagai tempat parkir," tegasnya.

Politikus Gerindra juga berharap agar pemilik gedung di sekitar kawasan ini menambah lahan parkir di tempatnya.

"Dinas Perhubungan melakukan kajian lebih dalam untuk menemukan solusi lebih baik. Pertama, memang itu kan harus menjadi tanggung jawab pasar, kantor atau mal-mal atau utility lain di situ harus mempersiapkan kapasitas parkir bagi mobil atau motor bagi apakah karyawannya pegawainya pengunjungnya dan sebagainya," ujarnya.

Trotoar median jalan kolong Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah ditutup bagi sepeda motor yang sering naik ke trotoar. Mereka kini mencari tempat lain untuk parkir.

Pemotor yang mayoritas sopir ojek online (ojol) sekarang parkir di depan Gedung Somerset, di trotoar Jl Prof Dr Satrio. Lokasinya tak jauh dari putaran atau U-Turn depan Ciputra World 1.

Beton movable concrete barrier (MCB) kini tampak sudah terpasang di celah masuk media taman trotoar jalan bawah Jalan Layan Non Tol (JLNT) Casablanca, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ada dua titik yang dipasangi beton MCB. Empat buah beton MB di putaran balik U-Turn seberang Ciputra World 1, di mana sebelumnya celah ini jadi tempat langganan pemotor masuk ke area trotoar. Titik selanjutnya ada di putaran balik U-Turn seberang mini market Circle K, ada 2 buah beton MCB terpasang.

Di area trotoar kini sudah tidak ada pemotor yang parkir dan melintas. Namun, terlihat banyak motor parkir dan pedagang yang berjualan di sekitar putaran balik U-Turn seberang Ciputra World 1.

(zak/zak)