Polres Lombok Barat Pantau Prokes di Tempat Tongkrongan Malam

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 18:56 WIB
Jajaran Sat Lantas Polres Lobar memantau penerapan protokol kesehatan di lokasi yang dijadikan tempat tongkrongan malam.
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Setelah perayaan Lebaran Topat, Jajaran Sat Lantas Polres Lombok Barat (Lobar) terus berupaya memantau penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Kasat Lantas Polres Lombok Barat, Polda NTB Iptu Rita Yuliana mengatakan kegiatan ini menyasar lokasi yang dijadikan tempat tongkrongan malam di Lombok Barat.

"Selain berpotensi terjadinya pelanggaran protokol kesehatan dan disiplin dalam berlalu lintas, tentunya ini juga dapat mengundang aksi kejahatan, sehingga kita antisipasi," ujar Rita dalam keterangan tertulis, Jumat (21/5/2021).

Oleh karena itu dia menyebut Satuan Lalu lintas Polres Lombok Barat Polda NTB telah mengerahkan sumber daya yang dimilikinya, termasuk Pos Stasioner guna melakukan kegiatan mobiling di dalam radius Pos Polantas tersebut.

"Saling berkoordinasi, dalam menentukan sasaran, lokasi dan waktu pelaksanaan, agar lebih efektif dan efesien, dalam memantau disiplin penerapan protokol kesehatan, dalam berlalu lintas, dan mencegah aksi kejahatan," terangnya.

Jajaran Sat Lantas Polres Lobar memantau penerapan protokol kesehatan di lokasi yang dijadikan tempat tongkrongan malam.Jajaran Sat Lantas Polres Lobar memantau penerapan protokol kesehatan di lokasi yang dijadikan tempat tongkrongan malam. Foto: Polda NTB

Menurutnya upaya Polres Lombok Barat terbilang sukses dalam mengamankan perayaan Tradisi Lebaran Topat. Dia pun memastikan tidak ada kerumunan di hampir semua tempat wisata di Lombok Barat.

"Tidak menutup kemungkinan, situasi ini dimanfaatkan oleh kelompok tertentu, untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu kamtibmas, di antaranya balap liar," katanya.

Jajaran Sat Lantas Polres Lobar memantau penerapan protokol kesehatan di lokasi yang dijadikan tempat tongkrongan malam.Jajaran Sat Lantas Polres Lobar memantau penerapan protokol kesehatan di lokasi yang dijadikan tempat tongkrongan malam. Foto: Polda NTB

Lebih lanjut dia menjelaskan jajaran Satuan Lalulintas Polres Lombok Barat telah menyisir di area sekitar Jalan By Pass Bil 2 dan Banyumulek Kediri pada Kamis (20/5) pukul 22.00 WITA.

"Bentuk kegiatannya Patroli Dialogis, memberikan imbauan dan teguran terhadap masyarakat yang masih mengabaikan protokol kesehatan. Sedangkan untuk balap liar masih terpantau terkendali," tandasnya.

Polda NTBFoto: Polda NTB

Adapun imbauan tersebut meliputi penerapan protokol kesehatan terutama penggunaan masker dan sosialisasi sesuai Perda NTB No. 7 tahun 2020 tentang penanggulangan penyakit menular bagi masyarakat. Langkah ini selaras dengan Program Kampung Sehat 2 NTB yang diinisiasi Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal sebagai upaya Kepolisian membantu Pemda dalam percepatan penanganan COVID-19 di wilayah NTB.

(fhs/ega)