MUI Usut Heboh Pria di Maros Sulsel Bikin Aliran Kepercayaan

M Bakrie - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 15:48 WIB
Seorang pria A. Sulaiman mengirim surat ke pemerintah hendak membuat aliran kepercayaan (Bakrie/detikcom).
A Sulaiman mengirim surat ke pemerintah hendak membuat aliran kepercayaan. (Bakrie/detikcom)
Maros -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), tengah mengusut seorang pria bernama A Sulaiman yang mengaku keluar dari Islam dan membentuk aliran kepercayaan. MUI akan mendalami apakah aliran itu sesuai dengan ajaran Islam atau tidak.

"Yang jelasnya kalau ajarannya itu keluar dari rukun Islam dan Iman jelas sudah tidak benar," kata Ketua MUI Maros Syamsu Khalik kepada detikcom, Jumat (21/5/2021).

A Sulaiman mengklaim telah mengirim surat ke sejumlah pihak, dari Presiden hingga Bupati Maros, bahwa dirinya akan membentuk aliran kepercayaan.

Dalam pengakuannya, Sulaiman menyatakan telah lama mendalami sebuah tarekat tertentu. Bahkan dia mengklaim telah sampai pada level makrifat dari hasil perenungannya sendiri tanpa ada bimbingan guru. Pengakuan itu lalu dibantah oleh MUI Maros.

"Tidak boleh begitu, berguru sendiri. Kalau memang tidak ada, (gurunya) itu pasti setan. Kami sedang mencari tahu apa motifnya," tegas Khalik.

Khalik menduga munculnya keyakinan itu di dalam diri Sulaiman karena adanya depresi yang mendalam. Ia pun berencana berdialog dengan Sulaiman untuk kembali meluruskan keyakinannya itu.

"Yah, apa lagi kan sementara digugat cerai, terus berhenti dari PNS. Mungkin itu penyebabnya yang membuat depresi. Tapi kita akan coba komunikasi untuk meluruskan," sebutnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.