Bertemu PKS, PAN Tegaskan Tidak ke Kiri ataupun Kanan

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 15:22 WIB
Jakarta -

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bertemu dengan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu. Ketua DPP PAN Saleh P Daulay menegaskan pertemuan ini membahas sinergi dalam mengawal program-program pemerintah.

Pertemuan digelar di kantor Sekretariat DPP PAN, Jalan Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (21/5/2021). Pertemuan Zulkifli dan Syaikhu juga didampingi para elite PAN dan PKS.

"Sebagai partai politik yang memiliki perwakilan di DPR mungkin perlu ada pembicaraan bersama membangun sinergitas dalam rangka mengawal sehingga program-program pemerintah yang dilaksanakan itu bisa dilaksanakan secara baik dan tidak keluar dari koridor yang diinginkan masyarakat atau aspirasi yang telah disampaikan masyarakat," tutur Saleh di kantor Sekretariat DPP PAN, Jalan Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (21/5).

Disinggung mengenai PKS yang tengah menggaungkan pembentukan poros Islam, Saleh menegaskan PAN merupakan partai nasionalis religius. Partainya, lanjutnya, merupakan partai nasionalis yang berlandaskan nilai-nilai agama.

"Bahwa kami adalah partai nasionalis bahwa tentu kami berlandaskan nilai-nilai agama yang dikatakan sebagai rahmatan lil'alamin, itu PAN. Jadi bukan ke kiri bukan ke kanan, itu nasionalis religius begitu," jelasnya.

Kendati demikian, dia tidak mempermasalahkan jika kedatangan PKS membawa poros Islam. Saleh kembali menegaskan, partainya tidak memihak ke kanan ataupun ke kiri.

"Jadi kalaupun misalnya PKS membawa apa tadi namanya itu poros islam, silakan ya tidak jadi masalah. Kami memang dari awal tidak masuk dengan apa yang dimaksud dengan mainstream kanan mainstream kiri. Kami mainstream kami adalah nasionalis religius," kata Saleh.

Hingga saat ini, pertemuan kedua partai tersebut masih berlangsung. Pertemuan antarpartai tersebut berlangsung tertutup.

Dalam pertemuan tersebut, Ahmad Syaiku didampingi Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy dan elite PKS lainnya. Sementara Zulkifli Hasan didampingi Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparmo dan elite PAN lainnya.

(mae/mae)