ADVERTISEMENT

Diawali Saling Tantang di IG, Tawuran di Jakpus Jadi Ajang Adu Kekuatan

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 15:45 WIB
Polres Jakpus tangkap 8 pelaku tawuran yang tewaskan warga Kemayoran
Foto: Polres Jakpus tangkap 8 pelaku tawuran yang tewaskan warga Kemayoran (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengungkap penyebab tawuran antarremaja di Kemayoran, Jakarta Pusat yang berujung tewasnya ML (34). Tawuran ini diawali dari saling tantang di media sosial.

"Yang menantang dengan upload di IG remaja Utan Panjang. Jadi remaja Harapan Mulia menantang tawuran remaja Utan Panjang melalui IG, kemudian disepakati tempatnya terjadilah, kejadian tersebut yang mengakibatkan fatal," ujar Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Setyo Koes Heriyanto dalam jumpa pers di Polres Jakpus, Kamis (20/5/2021).

Setyo mengatakan, kedua kelompok remaja ini saling tantang untuk menunjukkan eksistensi. Mereka saling serang untuk mengadu kekuatan masing-masing.

"Sebab terjadinya tawuran ini hanya karena hal yang sepele ya. Merasa sudah paling kuat, merasa sudah paling hebat. Mengadu, adu kekuatan menantang kelompok remaja lain untuk menunjukkan supremasinya," ujarnya.

Menurut Setyo, aksi tawuran ini tidak ubahnya dengan premanisme. Dia mengatakan, budaya premanisme seperti mengadu kekuatan telah menjangkiti para remaja.

"Jadi ini satu salah satu ciri-ciri budaya premanisme, ingin menunjukkan supremasinya dengan kekerasan," ucap dia.

Diketahui, peristiwa tawuran ini terjadi pada Rabu (19/5) pukul 03.30 WIB di Jalan Utan Panjang, Kemayoran, Jakpus. Tawuran melibatkan dua kelompok remaja yang berasal dari Harapan Mulia dan Utan Panjang.

Delapan pelaku ditangkap dalam kejadian ini. Mereka dijerat Pasal 170 (KUHP) dengan pidana penjara paling lama 12 tahun.

Simak juga 'Bubarkan Tawuran di Makassar, Polisi Lepas Tembakan Peringatan':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT