Banggakan Masa Ahok, Djarot Heran ASN DKI Era Anies Ogah Ikut Lelang Jabatan

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 11:57 WIB
PDIP mengumumkan cagub/cawagub 4 provinsi untuk Pilkada Serentak 2018. Pengumuman ini dipimpin oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Djarot Saiful Hidayat (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Mantan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat angkat bicara terkait tidak maunya ASN DKI ikut lelang jabatan eselon II di lingkungan Pemprov. Djarot merasa heran. Sebab, eselon II merupakan jabatan strategis untuk mengembangkan potensi diri.

"Agak aneh juga. Umumnya ASN ingin meningkatkan kariernya dengan menduduki jabatan-jabatan strategis, untuk menjawab tantangan sekaligus mengaktualisasikan potensi yang mereka miliki," kata Djarot kepada wartawan, Kamis (20/5/2021).

Djarot, yang kini menjadi anggota Komisi II DPR, mengatakan pada era kepemimpinannya bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), kekosongan jabatan tidak pernah terjadi. Sebab, banyak cadangan ASN yang telah mengikuti lelang jabatan.

"Hal ini, seingat saya, tidak pernah terjadi di masa Ahok-Djarot. Hampir tidak ada kekosongan jabatan karena DKI mempunyai stok yang cukup banyak ASN, yang sudah mengikuti lelang jabatan, sehingga, kalau ada yang mundur atau tidak cakap bekerja, bisa cepat diganti," sebut Djarot.

"Perumpamaan dari Pak Ahok seperti dalam sepakbola. Kita punya banyak pemain cadangan yang siap menggantikan mereka yang tidak bisa kerja dengan baik," imbuhnya.

Lebih lanjut Djarot berterima kasih kepada mantan Sekda DKI almarhum Saefullah dan Agus Suradika yang menjabat Kepala BKD pada zamannya. Elite PDIP itu menyebut keduanya dapat menerjemahkan kebijakan Ahok-Djarot dan merumuskan sistem kepegawaian yang profesional.

"Di masa Ahok-Djarot, kita bersyukur dan berterima kasih kepada Sekda almarhum Pak Saefullah dan Kepala BKD Pak Agus Suradika, yang mampu menerjemahkan kebijakan kita dengan merumuskan sekaligus melaksanakan sistem pengelolaan kepegawaian di DKI, berbasis kinerja, fair, transparan, dan profesional," ujarnya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Danny Pomanto Temui Pj Walkot Makassar, Bahas Lelang Jabatan Kadis

[Gambas:Video 20detik]