Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbuka Puasa Sunnah

Lusiana Mustinda - detikNews
Minggu, 10 Jan 2021 21:01 WIB
female hand of prayer with wooden beads in sunlight, iftar concept, Ramadan month, Koran, plate of dried fruit, Cup of tea on wooden table
Foto: Getty Images/iStockphoto/RasselOK
Jakarta -

Puasa Senin Kamis menjadi salah satu puasa sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dilakukan setiap hari Senin dan Kamis, berpuasa dimulai saat terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Rasullullah SAW bersabda dalam hadits riwayat Tirmidzi:

"Berbagai amalan dihadapkan (kepada Allah) pada Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sementara aku sedang berpuasa."

Berpuasa Senin Kamis menjadi amalan yang dihadapkan kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda dalam hadits riwayat Abu Dawud, "Sesungguhnya amal-amal manusia dibeberkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis."

Selain itu, pada hari Senin Kamis adalah hari dibukanya pintu-pintu surga. Allah SWT memiliki waktu khusus untuk membukakan pintu surga yaitu pada bulan Ramadhan. Namun di setiap pekannya, pintu-pintu surga juga dibuka yakni pada hari Senin dan Kamis.

Dalam hadits riwayat Al Khatib, Muslim, Abu Daud, Nasa'i, At-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban, "Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang di antaranya dan saudaranya terdapat permusuhan. Kemudian dikatakan, lihatkah kedua orang ini hingga keduanya berdamai."

Bacaan niat puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala

Doa berbuka puasa sunnah Senin Kamis

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Latin: Dzahabaz zhama'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah.

Sahabat Hikmah, jangan lupa untuk membaca niat puasa sunnah Senin Kamis ya.

(lus/erd)