Akbar Tandjung Kenang Wimar Witoelar: Rasa Persaudaraannya Sangat Tinggi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 19:17 WIB
Akbar Tanjung hadiri pemakaman Wimar Witoelar di TPU Tanah Kusir, Jakarta
Akbar Tandjung (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Mantan Ketua DPR RI Akbar Tandjung mengenang sosok Wimar Witoelar semasa hidupnya. Dia bercerita kala itu pernah diberi ucapan selamat oleh Wimar saat mengikut Asia Pacific Leaders Program (APLP) di Amerika.

"Pada suatu waktu saya pernah berkunjung ke Amerika, mengikuti suatu program yang disebut sebagai Asia Pacific Leaders Program (APLP), di mana saya mewakili tokoh mahasiswa dari Indonesia bersama tokoh-tokoh mahasiswa dari berbagai negara di kawasan Asia Pacific, saya sangat terharu. Waktu berkunjung ke Amerika, rupanya almarhum Wimar Witoelar tahu bahwa ikut, dia secara khusus datang ke tempat penginapan kami untuk menemui saya dan menyampaikan ucapan selamat bahwa saudara Akbar mewakili mahasiswa Indonesia yang hadir dalam pertemuan ini," kata Akbar di rumah duka, Jakarta Selatan, Rabu (19/5/2021).

Akbar sangat bersyukur dapat dipertemukan dengan Wimar saat itu. Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wimar karena telah mengunjunginya saat mengikuti APLP.

"Saya merasa bersyukur bisa bertemu anda dan saya sedang mengikuti kegiatan pendidikan di Amerika ini. Terima kasih banyak Saudara Wimar datang ke tempat saya menginap. Dan saya melanjutkan acara ini sampai selesai. Itulah pengalaman saya dengan dia," ujarnya.

Akbar memiliki kesan tersendiri terhadap sosok Wimar. Rasa persaudaraan yang dimiliki Wimar membuat Akbar terpanggil untuk turut menghadiri pemakaman almarhum.

"Kesan saya yang mendalam bahwa dia mempunyai rasa persaudaraan yang sangat tinggi. Memang saya aktif berorganisasi mahasiswa sebagaimana beliau, walaupun organisasinya berbeda. Tapi rasa persaudaraan, rasa kawan tampak betul, dia secara khusus datang menemui penginapan saya di Washington. Dan saya merasa ada hal terpanggil untuk menghadiri acara pemakaman beliau. Karena saya tahu beliau adalah orang baik, rasa persaudaraan, rasa pertemanan yang cukup tinggi," tuturnya.