Tinjau Vaksinasi di Kepri, Jokowi Terima Laporan Kendala Distribusi Vaksin

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 16:10 WIB
Presiden Jokowi di Kepri
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi di Kepulauan Riau (Kepri). Jokowi menerima laporan terkait kendala distribusi vaksin ke sejumlah daerah.

Kunjungan Jokowi ke lokasi vaksinasi di Bintan Inti Industrial Estate, Kepri, disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (19/5/2021). Jokowi awalnya mengapresiasi ada kurang-lebih 15 ribu orang warga yang divaksinasi di Kepri hari ini.

"Hari ini dilakukan vaksinasi di 67 titik lokasi di Provinsi Kepri yang kurang lebih julmlahnya 15.500 orang yang kita harapkan ini juga akan cepat segera melindungi seluruh masyarakat dari penularan COVID dan juga kita harapkan segera tercapai herd immunity tercapai kekebalan komunal dan penularan COVID bisa kita hentikan, bisa kita kurangi, kita cegah secepat-cepatnya," kata Jokowi.

Jokowi kemudian mengungkap kendala pengiriman vaksin di Kepri. Dia menjelaskan distribusi vaksin menjadi hambatan karena daerah yang dijangkau cukup jauh.

"Memang problemnya di sini adalah distribusi vaksin yang harus masuk karena ini adalah provinsi kepulauan, masuk ke pulau-pulau yang jaraknya memang tidak gampang dan sangat jauh misalnya dari sini ke Natuna, dari sini ke Anambas, bukan jarak yang dekat. Tetapi saya lihat manajemen distribusinya berjalan dengan baik dan kita harapkan ke depan, disampaikan ke Pak Gubernur habis vaksin segera telepon kepada menteri kesehatan agar suplainya terus dan sekali lagi bisa kita menghentikan penularan COVID-19 di Provinsi Kepulauan Riau," kata Jokowi.

Jokowi meminta Gubernur Kepri langsung menelepon Menkes Budi Gunadi Sadikin terkait ketersediaan vaksin. Jokowi meminta pengiriman vaksin tak terlambat.

"Saya mengapresiasi menghargai kecepatan vaksinasi di Provinsi Kepulauan Riau dan kita harapkan ada terus tambahan vaksin dari Kementerian Kesehatan, tadi juga saya dua perintahkan kepada Pak Menteri Kesehatan agar suplai vaksin untuk Kepulauan Riau jangan sampai terlambat," ujar Jokowi.

Jokowi juga sempat menerima laporan dari sejumlah daerah di Kepri lewat video. Salah satu yang melaporkan adalah Natuna.

"Dari Natuna pada hari ini kita target vaksin kita 500 di 5 posko dan untuk Natuna saat ini sudah mencapai 5.613 vaksinasi, ini sekitar 6,7 persen. Dari target 70 persen dari jumlah 82.000 jiwa," ujar pejabat Natuna yang melaporkan Jokowi.

Jokowi kemudian bertanya apakah pengiriman ke Natuna terlambat. Pejabat Natuna tersebut menjawab pengiriman vaksin lancar namun terkendala jarak yang cukup jauh antar wilayah.

"Vaksin alhamdulillah lancar, kendala kita di Natuna cuma pengiriman dari kabupaten ke kecamatan karena kita banyak wilayah kecamatan yang jaraknya perbatasan dengan laut, Pak Presiden," ujar pejabat tersebut.

Lihat juga Video: BPOM Kaji Keamanan Vaksin AstraZeneca, Ini Kesimpulannya!

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)