Vaksin Gotong Royong Diharapkan Segera Bangun Herd Immunity, Ini Maknanya

ADVERTISEMENT

Vaksin Gotong Royong Diharapkan Segera Bangun Herd Immunity, Ini Maknanya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 11:27 WIB
Choosing the Social Distancing vs Herd Immunity measures in pandemic situation. Concept about the Coronavirus Covid-19 outbreak.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/IvelinRadkov)
Jakarta -

Herd Immunity adalah istilah yang terus jadi perbincangan usai pandemi virus corona (COVID-19) menyebar di seluruh dunia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyebut istilah tersebut saat meninjau pelaksanaan program vaksinasi gotong royong yang digelar kemarin.

"Terima kasih pada seluruh perusahaan manajemen dan karyawan dan juga Kadin yang telah bersama-sama melaksanakan vaksin gotong royong ini, yang kita harapkan ini akan segera membangun sebuah herd immunity, kekebalan komunal, kekebalan komunitas dan penyebaran COVID bisa kita hambat dan bisa kita hilangkan dari negara yang tercinta ini," ujar Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksin gotong royong, yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021).

Apa sebenarnya yang perlu diketahui soal Herd Immunity? mengutip dari berbagai sumber, berikut Detikcom merangkumkan informasinya.

Apa itu Herd Immunity

Melansir dari website resmi World Health Organization (WHO), herd immunity adalah suatu kondisi sebagai besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu melalui vaksinasi atau kekebalan yang dikembangkan melalui infeksi sebelumnya.

WHO sendiri mendukung pencapaian Herd Immunity atau 'kekebalan kelompok' melalui vaksinasi, bukan dengan membiarkan penyakit menyebar melalui segmen populasi mana pun, karena hal ini akan mengakibatkan kasus dan kematian yang mengerikan.

"Kekebalan kelompok terhadap COVID-19 harus dicapai dengan melindungi orang melalui vaksinasi, bukan dengan memaparkan mereka pada patogen penyebab penyakit," demikian isi pidato pengarahan media dari Direktur Jenderal WHO pada 12 Oktober 2020 lalu.

Dua Cara Capai Herd Immunity

Mengutip dari Healthline, dua cara mencapai Herd Immunity adalah dengan:

1. Cara Alami

Dimana banyak orang akan tertular dan pada waktunya akan membangun respons kekebalan alami terhadap penyakit tersebut.

2. Vaksinasi

Vaksinasi menjadi salah satu cara yang banyak ditempuh negara-negara di dunia mencapai herd immunity. Vaksinasi dapat membangun daya tahan tubuh untuk membentuk antibodi sehingga saat tubuh terinfeksi virus, tubuh yang sudah memiliki antibodi akan siap melawannya.

Melakukan vaksinasi ke sebanyak mungkin orang sedang diupayakan oleh berbagai pihak. Para ahli memperkirakan bahwa 70 hingga 90 persen orang mungkin perlu kebal terhadap virus untuk mencapai herd immunity.

Terkait kapan akan dicapainya, para ahli menyebut hal itu tergantung pada seberapa cepat vaksin diproduksi, dikirim, dan diberikan.

Kapan Herd Immunity bisa dicapai?

Herd Immunity diperkirakan akan tercapai sebesar 70 persen pada Maret 2022 mendatang. Hal itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa usai Indonesia dengan dasar Indonesia sudah menggelar vaksinasi virus corona sejak Januari 2021.

"Herd immunity di Indonesia diperkirakan akan dicapai pada Maret 2022 atau 15 bulan setelah vaksinasi yang telah dimulai tahap pertama pada 14 Januari 2021," ungkap Suharso saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Rabu (17/3).

Meski begitu, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Subandrio mengatakan belum bisa memastikan kapan persisnya akan dicapai. Ada beberapa hal yang turut mempengaruhi cepat-lambatnya herd immunity.

"Tentu herd immunity bisa terjadi kapan saja, tetapi pertanyaannya berapa persen, bahwa yang mempengaruhi herd immunity terpenuhi, seperti efikasi vaksin, proteksinya berapa lama vaksin akan memberikan proteksi?" sebut Prof Amin dalam diskusi Alinea Rabu (17/3/2021)

"Dan kemudian ditambah lagi faktor-faktor ketersediaan dan kesediaan vaksin, karena walaupun proteksinya panjang tetapi kalau pemberiannya lambat (sulit tercapai)," lanjutnya.

(izt/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT