Puluhan Pemudik Dites COVID di Wilayah Kabupaten Bekasi, Ini Hasilnya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 13:42 WIB
Tes swab di Bekasi (Dok Polres Metro Bekasi)
Tes swab di Bekasi (Dok Polres Metro Bekasi)
Bekasi -

Sejumlah pemudik dites COVID-19 di beberapa tempat di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Hasilnya, ada beberapa yang reaktif.

Pelaksanaan swab test ini dilakukan di Cibarusah, Cikarang Barat, Babelan, Serang Baru, dan Kedungwaringin. Tes swab ini dilakukan oleh kepolisian bersama Satgas COVID.

"Upaya ini kita lakukan dalam rangka menekan penyebaran COVID-19 seusai libur Lebaran. Untuk pemudik yang kembali ke wilayah Kabupaten Bekasi dalam keadaan bebas COVID," kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (19/5/2021).

Tes swab antigen COVID-19 dilakukan kepada sejumlah pemudik di Posko Kampung Tangguh Jaya, Desa Sindangmulya. Tes dilaksanakan pada Selasa (18/5) pukul 13.00 WIB.

"Adapun peserta masyarakat yang melaksanakan swab antigen sebanyak 15 peserta dengan hasil seluruh peserta yang melaksanakan swab antigen negatif/non reaktif," ujar Kapolsek Cibarusah Kompol Josman Harianja.

Polsek Cikarang Barat melakukan layanan tes swab antigen COVID-19 gratis kepada pemudik.

Layanan tes swab gratis dilakukan untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus Corona. Polisi juga 'jemput bola' ke rumah-rumah warga yang ingin dites COVID-19.

"Jumlah warga yang dites mencapai 45 orang. Hasilnya, semua negatif," kata Kapolsek Cikarang Barat AKP Tribuana Roseno .

Tes swab di Bekasi (Dok Polres Metro Bekasi)Tes swab di Bekasi (Dok Polres Metro Bekasi)

Polisi juga melakukan tes swab antigen COVID ke pemudik yang baru pulang. Tes dilakukan di Perum Grand Cikarang City 2 (GCC) dan Perum Taman Permata Indah.

"Satu orang dinyatakan reaktif," rilis polisi.

Pemudik yang reaktif COVID-19 itu merupakan warga Cirebon. Kini ia menjalani isolasi.

"Dilakukan isolasi mandi di perum GCC 2 dengan pengawasan dari puskesmas," lanjutnya.

Swab antigen juga dilaksanakan terhadap para pemudik yang kembali ke wilayah Kecamatan Babelan. Kapolsek Babelan Kompol Suroto mengatakan, dari 44 pemudik yang di-swab di wilayah Kelurahan Bahagia dan Kebalen, seluruhnya negatif.

Sementara itu, Kapolsek Pebayuran AKP Jannes Pakpahan menjaring para pemudik dengan 'swaber mobile'. Ada 8 orang yang pulang mudik di-swab polisi di wilayah Kampung Tambun, Kelurahan Kertasari, Kecamatan Pebayuran, dan hasilnya negatif.

Simak Video: Satgas Minta Karantina Mandiri bagi Orang yang Pulang Mudik Dipantau

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mei)