Round Up

Barbar Ulah ART Aniaya Majikan Lansia di Jakbar

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 20:02 WIB
ART Bengis Penganiaya Majikan Lansia di Jakbar
ART penganiaya majikan lansia. (Foto: Dok Istimewa)
Jakarta -

Polisi menangkap seorang perempuan asisten rumah tangga (ART) di Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar), yang diduga menganiaya majikannya seorang lanjut usia (lansia). Video dugaan penganiayaan itu viral di media sosial, kini ART tersebut telah berstatus tersangka.

Kapolsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat Kompol Egman menyebut pelaku berinisial Neneng Nurhayati (32). Polisi mendapat laporan dari Yusni Etty, yang telah dianiaya oleh ART sendiri.

"Kami berhasil amankan pelaku tak lama setelah pihaknya menerima laporan dari korban," kata Egman, kepada wartawan, Selasa (18/5/2021).

Egman menjelaskan penganiayaan tersebut terjadi pada Minggu (6/5) sekitar pukul 10.00 WIB. Dalam penangkapan juga polisi mengamankan barang bukti, yakni 1 buah galon air yang digunakan untuk melakukan penganiayaan.

"Untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 351 KUHPidana," ucapnya.


Motif Penganiayaan Pelaku Tak Terima Ditegur Korban

Polisi mengungkapkan motif di balik penganiayaan itu lantaran pelaku tidak terima ditegur korban. Pelaku ditegur korban agar mempergunakan air secukupnya saat membersihkan peralatan masak.

"Kami berhasil amankan pelaku tak lama setelah pihaknya menerima laporan dari korban," kata Kapolsek Cengkareng Kompol Egman, kepada wartawan, Selasa (18/5/2021).

Egman menyebut penganiayaan itu terjadi pada Minggu (6/5) sekitar pukul 10.00 WIB. Korban bernama Yusni Etty saat itu sedang berada di rumah melihat ada rendaman panci penanak nasi bekas pakai.

"Melihat rendaman tersebut kemudian korban menegur pelaku untuk menggunakan air secukupnya, jangan berlebihan atau boros karena harga air mahal," ucap Egman.

Dia menyebut ART itu tidak menghiraukan teguran korban. Lalu korban memaki ART tersebut dengan sebutan 'setan' lantaran korban kesal karena tak dihiraukan.

"Sontak mendengar hal tersebut, pelaku marah lalu menghampiri korban kemudian pelaku balik memaki korban dan mencakar pergelangan tangan kiri korban, selanjutnya menendang kaki kiri korban dengan kaki kanannya," ujarnya.

Lebih jauh, Egman mengatakan, sehari sebelumnya, ART itu juga memukul korbannya yang lansia dengan menggunakan botol galon air kosong mengenai lengan kanan-kiri korban. Saat itu, permasalahannya adalah pelaku memasak telur tanpa sepengetahuan korban, padahal di rumah sudah ada opor ayam.

"Karena hal tersebut korban menegur, namun pelaku tidak terima dan melakukan hal tersebut," katanya.


ART Penganiaya Lansia Berstatus Tersangka

Neneng Nurhayati (32), seorang asisten rumah tangga (ART), ditangkap polisi karena menganiaya majikan yang sudah lanjut usia (lansia) di Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar). Kini Neneng telah ditetapkan polisi sebagai tersangka.

"Yang bersangkutan sudah ditetapkan jadi tersangka," kata Kapolsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat Kompol Egman kepada wartawan, Selasa (18/5/2021).

Egman menyebut pelaku dijerat dengan Pasal 351 KUHP tentang penganiayaan. Neneng diancam hukuman 5 tahun penjara.

"Untuk ancaman hukumannya 5 tahun penjara," ucapnya.

Simak juga 'Gegara BLT Tak Cair, Suami di Jambi Tega Aniaya-Tusuk Istri':

[Gambas:Video 20detik]