Daftar Tempat Wisata Jakarta yang Buka Kembali Hari Ini

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 15:47 WIB
Taman Margasatwa Ragunan kembali dibuka untuk umum setelah tutup sejak Desember 2020
Taman Margasatwa Ragunan kembali dibuka hari ini. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah tempat wisata di Jakarta akhirnya dibuka kembali. Diketahui Pemprov DKI Jakarta sempat melakukan penutupan sementara hingga 17 Mei 2021 guna menguatkan protokol kesehatan.

Sebelumnya surat edaran tertanggal 15 Mei 2021 yang disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya memerintahkan pengelola tempat wisata Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Taman Margasatwa Ragunan untuk ditutup setelah dilakukan evaluasi dari kerumunan yang ditimbulkan masyarakat saat libur lebaran.

Berikut daftar tempat wisata di Jakarta yang kembali dibuka mulai hari ini dan syarat kunjungannya:

Ancol

Diketahui salah satu tempat wisata di Jakarta, yakni kawasan Ancol kembali dibuka pada hari ini (18/5). Untuk membeli tiket, para pengunjung dapat mengakses website www.ancol.com dengan syarat pembelian paling lambat 1 hari sebelum kunjungan.

Sebelumnya Ancol mendadak ditutup pada Sabtu (15/5) usai surat edaran diterbitkan sehingga memicu para pengunjung yang sudah memesan tiket kecewa. Diketahui, pada Jumat (14/5), pengunjung sempat membeludak sehingga diterapkan sistem buka-tutup gerbang.

"Per pukul 14.00 WIB, total pengunjung 31.729. Tapi 7.000 orang sudah keluar," ujar Manager Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari.

Sementara itu, pengunjung yang sudah membeli tiket untuk kunjungan 15-17 Mei 2021 dapat melakukan penjadwalan ulang kedatangan mulai 18 Mei sampai 31 Desember 2021. Mereka bisa datang langsung tanpa harus melakukan reservasi ulang.

TMII

Selain Ancol, tempat wisata di Jakarta yang dibuka kembali adalah TMII. TMII dibuka kembali pada 18 Mei 2021.

"Sesuai arahan, kami buka kembali tanggal 18 Mei," kata Kepala Bagian Humas TMII Adi Widodo.

Untuk pengunjung yang telanjur membeli tiket di masa larangan yang diberlakukan, mereka bisa menjadwalkan ulang kunjungan sampai 31 Mei mendatang.

Taman Margasatwa Ragunan

Tempat wisata di Jakarta yang juga kembali dibuka pada hari ini (18/5) adalah Taman Margasatwa Ragunan. Pihak pengelola melakukan penyemprotan disinfektan hingga memberlakukan pembelian tiket online minimal H-1 kunjungan untuk memperketat protokol kesehatan.

Selain itu, jumlah pengunjung dibatasi 30% dari kapasitas normal dan saat ini hanya berlaku bagi pemegang KTP DKI Jakarta.

(izt/imk)