Komisi VIII: Terorisme Tak Perlu Masuk RUU Penanggulangan Bencana

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 12:25 WIB
Ketua DPP Golkar Ace Hasan
Ace Hasan (Tsarina/detikcom)
Jakarta -

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengusulkan terorisme masuk Rancangan Undang-Undang (RUU) Penanggulangan Bencana. Pimpinan Komisi VIII DPR RI menilai terorisme tak perlu masuk dalam RUU Penanggulangan Bencana.

"Kalau terorisme kan sebetulnya sudah ada yang menanganinya, yaitu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Jadi tak perlu masuk dalam UU Penanggulangan Bencana," kata Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (18/5/2021).

Penanganan korban paham terorisme dan radikalisme pun selama ini sudah ditangani Kemensos. Program penanganan korban paham terorisme dilakukan pemulihan psikoanalisis.

"Sementara, untuk program rehabilitasi korban paham terorisme atau terdampak ajaran radikalisme, kan selama ini memang ditangani Kementerian Sosial untuk pemulihan psikososialnya," ujar Ace.

Menurut Ace, tugas pokok penanganan terorisme dikerjakan oleh BNPT. Ace mengakui Mensos Risma mengusulkan bencana sosial masuk RUU Penanggulangan Bencana, namun harus dirumuskan secara jelas.

"Ya seharusnya demikian. Kan sudah ada tupoksinya. Kalau dalam lingkup bencana, terdiri atas bencana alam, antara lain tsunami, longsor, banjir, dan lain-lain; bencana non-alam seperti pendemi, kegagalan teknologi, dan lain-lain," ucap Ace.

"Memang kemarin dalam rapat kerja, Ibu Mensos juga mengusulkan agar UU penanggulangan bencana juga mengatur tentang bencana sosial. Hal itu bisa dikaji model, jenis dan formulasi harus dirumuskan secara jelas," imbugnya.

Kemensos sebelumnya berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah terkait RUU Penanggulangan Bencana yang sudah masuk di Komisi VIII DPR RI. Mensos Risma mengusulkan terorisme dimasukkan ke RUU Penanggulangan Bencana.

"Kami sudah membahas tentang kelembagaan dan anggaran terkait RUU PB," ujar Mensos Risma dalam keterangannya seperti dilihat, Selasa (18/5).

Menurut Risma, ada sejumlah bencana sosial dan bencana konflik sosial. Risma mengusulkan terorisme dimasukkan ke RUU Penanggulangan Bencana.

"Selain bencana alam, ada juga bencana sosial yang bukan konflik sosial seperti pengungsi yang belum diwadahi, bencana kesehatan non fisik ataupun kejadian teroris yang bisa dimasukkan ke dalam RUU tersebut," ucapnya.

Simak juga video 'Risma Akan Minta Arahan Jokowi Terkait BNPB Tak Masuk DIM RUU':

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/maa)