Massa KSPI Gelar Aksi Solidaritas Palestina, Long March ke Kantor PBB

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 11:41 WIB
Massa KSPI Gelar Aksi Solidaritas Palestina
Foto Massa KSPI Long March ke Kantor PBB: Wilda Hayatun (detikcom)
Jakarta -

Massa buruh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi solidaritas Palestina. Mereka melakukan aksi di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dan melakukan long march ke kantor PBB.

Pantauan detikcom, Selasa (18/5/2021) pukul 11.04 WIB di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, terlihat ada ratusan massa menggelar aksi solidaritas buruh untuk Palestina. Massa terlihat membawa sejumlah bendera Indonesia merah putih dan bendera Palestina.

Selain itu, massa terlihat membawa sejumlah poster dan spanduk. Spanduk itu bertuliskan 'Hentikan Penjajahan dan Pembantaian di Palestina'.

Massa KSPI Gelar Aksi Solidaritas PalestinaMassa KSPI Gelar Aksi Solidaritas Palestina Foto: Wilda Hayatun (detikcom)

Dalam aksi ini, mereka juga terlihat menggunakan masker dan dijaga oleh aparat kepolisian. Ada pula mobil komando untuk orasi.

Massa melakukan long march ke kantor PBB di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dan rencananya akan berlanjut ke Kedubes Amerika Serikat. Iring-iringan massa aksi dikawal oleh aparat kepolisian.

Saat ini mereka sedang melakukan long march ke Kantor PBB. Arus lalu lintas di Jalan Sudirman menuju arah Blok M terpantau lancar. Meskipun, pengendara harus memperlambat kecepatan kendaraannya karena sebagian bahu jalan digunakan oleh massa aksi untuk long march.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan massa aksi hari ini terdiri dari buruh KSPI. Massa yang melakukan aksi hari ini berjumlah 100 orang.

"Hari ini massa aksi 100 orang ya, karena kita melakukan protokol kesehatan satgas COVID-19" kata Said.

Said memastikan para buruh yang mengikuti aksi solidaritas Palestina hari ini telah dilakukan rapid test antigen. Dia pun menjamin para buruh akan tetap menerapkan protokol kesehatan.

(whn/zap)