Hari Pertama Dibuka Lagi, Pasar Tanah Abang Sepi

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 10:37 WIB
Suasana Pasar Tanah Abang, Selasa
Suasana Pasar Tanah Abang, Selasa (18/5) (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Pasar Tanah Abang hari ini kembali dibuka setelah penutupan sejak 12 Mei 2021. Namun kondisinya saat ini masih sepi pengunjung.

Pantauan detikcom, pukul 09.50 WIB, gedung Central Tanah Abang (CTA), Jakarta Pusat, masih terpantau sepi. Banyak toko yang masih belum beroperasi.

Selain itu, kondisi di dalam CTA saat ini masih sangat sepi pengunjung. Hanya beberapa pengunjung saja yang terlihat berbelanja di hari pertama pembukaan Pasar Tanah Abang. Mereka terlihat menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker.

Salah satu pengunjung, Yuli (40), mengatakan alasannya saat berkunjung ke Pasar Tanah Abang hari ini. Dia menyebut lebih memilih berbelanja setelah lebaran dikarenakan tidak seramai saat bulan puasa.

"Iya kalau sekarang kan sepi nggak rame kayak kemarin bulan puasa. Jadi enak belanjanya. Tapi ini sepi yang jualan jadi sedikit pilihan," kata Yuli saat ditemui di lokasi, Selasa (18/5/2021).

Tidak hanya Yuli, beberapa pedagang di toko pakaian pun terlihat mengeluhkan sepinya pengunjung hari ini. Salah satu pedagang sampai berteriak dari dalam tokonya.

"Aduh ini mana sih yang beli sepi banget, ayo bunda belanja bunda," teriaknya dari dalam toko.

Dari toko yang berbeda pedagang lainnya pun turut mengeluhkan hal yang sama.

"Aduh ini mending bawa bantal bawa guling aja ke sini nggak ada yang beli," teriaknya dari dalam toko.

Kemudian, menurut salah satu petugas, hari ini kondisi Pasar Tanah Abang masih terpantau sepi. Sebab, belum seluruh gedung beroperasi dengan normal.

"Di Blok A, Blok B, sama Blok F itu masih tutup besok baru, baru beroperasi normal di CTA (Central Tanah Abang), JPM (Jembatan Penyeberangan Multiguna) sama Metro aja," kata salah satu petugas penjaga Central Tanah Abang.

Selain itu, di luar gedung CTA terlihat sejumlah pedagang kaki lima (PKL) berjualan di sepanjang trotoar. Mereka berjualan di sepanjang trotoar Jalan Kebon Jati, Jalan Jatibaru Raya, dan Jalan H Fachrudin.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pasar Tanah Abang tutup sementara pada 12-18 Mei 2021. Hal tersebut disampaikan Anies dalam kunjungan ke Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Selasa (11/5).

Simak video 'Buka-bukaan Anies soal Larangan Mudik Hingga Kerumunan Tanah Abang':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)