KCI: Penumpang KRL Turun 8% Usai Libur Lebaran

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 10:30 WIB
Kondisi di Stasiun Manggarai usai libur lebaran.
Suasana Stasiun Manggarai seusai libur Lebaran 2021 (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengatakan, per pukul 09.00 WIB, jumlah pengguna KRL mencapai 127.935 orang. Jumlah tersebut turun 8% dibanding saat libur pada pekan lalu.

"Usai libur panjang Idul Fitri, kondisi seluruh stasiun pada Senin (17/5) pagi terpantau kondusif. Hingga pukul 09.00 WIB, KAI Commuter mencatat total pengguna KRL hari ini sebanyak 127.935 orang. Angka tersebut turun 8 persen dari total pengguna KRL di waktu yang sama pada hari Senin pekan lalu yaitu sebesar 138.328 orang," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba melalui keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Anne mengungkapkan, pihaknya mencatat hanya ada satu stasiun yang mengalami peningkatan penumpang KRL, yakni Stasiun Bogor. Sementara itu, untuk penumpang KRL di stasiun lainnya justru turun dan stabil.

"Sejumlah stasiun dengan jumlah pengguna terbesar pagi hari ini hingga pukul 09.00 WIB antara lain Stasiun Bogor (11.043 pengguna, naik 7% dibandingkan Senin pekan lalu), Stasiun Bojonggede (10.544 pengguna, sama dengan Senin pekan lalu), Stasiun Citayam (9.591 pengguna, turun 9%), Stasiun Bekasi (8.061 pengguna, turun 7%), sementara Stasiun Manggarai hanya 1.149 pengguna (turun 7%)," tuturnya.

Kemudian, Anne mengatakan KAI Commuter tetap mengoperasikan 900 perjalanan KRL. Dia turut mengingatkan kalau Stasiun Tanah Abang dan beberapa stasiun lainnya masih dalam masa pembatasan.

"KAI Commuter hari ini tetap mengoperasikan 900 perjalanan KRL perhari dengan jam operasional pukul 04.00-20.00 WIB. Untuk pelayanan pengguna KRL yang naik dan turun di Stasiun Tanah Abang juga masih terdapat pembatasan, di mana mulai pukul 15.00-19.00 WIB Stasiun Tanah Abang tidak melayani naik dan turun pengguna. Stasiun tersebut hanya melayani pengguna yang transit untuk berpindah rangkaian kereta," jelas Anne.

"Pembatasan juga masih berlaku di Stasiun Rangkas, Citeras, dan Maja, yang sampai hari ini masih belum melayani pengguna KRL. Untuk para pengguna KRL di lintas Tanah Abang-Maja/Rangkasbitung PP perjalanan KRL-nya hanya sampai Stasiun Cikoya," sambungnya.

Diketahui, hari ini adalah hari pertama kerja usai libur Lebaran atau Idul Fitri 1442 H usai. Pekerja di Jakarta memanfaatkan kereta rangkaian listrik (KRL) sebagai salah satu moda transportasi.

Pantauan detikcom di Stasiun Manggarai, Senin (17/5), pukul 08.40 WIB, stasiun tampak tidak terlalu ramai. Masyarakat lalu lalang, namun tak ada kepadatan.

Calon penumpang yang hendak masuk ke area keberangkatan KRL dicek suhu tubuh oleh petugas. Setelah itu, barulah mereka nge-tap kartu uang elektronik untuk masuk.

Tidak ada antrean panjang di loket pembelian tiket. Petugas mengingatkan masyarakat yang sedang membeli tiket untuk menjaga jarak.

Simak video 'KAI Commuter Akui Penerapan Prokes di Stasiun Lebih Ekstra':

[Gambas:Video 20detik]

(aud/aud)