Round-Up

Saat Jokowi Turun Tangan Cegah Novel Baswedan dkk Diberhentikan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 06:42 WIB
Presiden Jokowi
Jokowi bicara nasib 75 pegawai KPK / Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan terkait polemik nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk peralihan status menjadi ASN. Jokowi pun meminta Novel Baswedan dkk tidak dipecat.

Seperti diketahui, Novel Baswedan dan 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). Hasil itu membuat mereka dibebastugaskan dan harus menyerahkan tugas-tugas ke atasan.

Gagalnya 75 pegawai KPK ini di TWK menjadi sorotan. Tak sedikit dari mereka yang berprestasi, bahkan punya peran besar di kasus-kasus kakap yang ditangani KPK.

Pertanyaan-pertanyaan dalam TWK juga jadi sorotan karena banyak yang janggal.Pertanyaan itu ada yang memasuki ranah privat seperti urusan pacaran hingga jilbab. Ada pula yang ditanya pertanyaan menjurus ke seksual.

Dua minggu bergulir, polemik ini akhirnya membuat Jokowi bersuara. Dalam pernyataan pers lewat video, Jokowi memberi pandangannya soal nasib 75 pegawai KPK ini.

Awalnya Jokowi menyinggung soal tujuan alih fungsi pegawai KPK menjadi ASN sebagai upaya meningkatkan pemberantasan korupsi. Menurutnya KPK harus diisi oleh pegawai-pegawai terbaik dengan komitmen tinggi.

Namun demikian, Jokowi meminta agar hasil tes wawasan kebangsaan tidak lantas dijadikan alasan untuk memberhentikan para pegawai yang tidka lulus.

"Hasil tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK hendaknya menjadi masukan untuk langkah-langkah perbaikan KPK baik terhadap individu-indidivu maupun institusi KPK dan tidak serta merta dijadikan dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos tes," kata Jokowi lewat video di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (17/5/2021).

Jokowi lalu memberi pandangan soal nasib 75 pegawai KPK selanjutnya. Simak pernyataan Jokowi di halaman berikutnya.

Simak video 'Eks Pimpinan KPK Apresiasi Pernyataan Jokowi soal Polemik TWK':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3