Penilaian Akuntabilitas Sangat Baik, Sumsel Diganjar Insentif Rp 9 M

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 22:57 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru
Foto: dok. Pemprov Sumsel
Jakarta -

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp 9 miliar dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Insentif tersebut diberikan sebagai reward atas penilaian BB (Sangat Baik) dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2020.

Kepala Biro Organisasi Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Muhammad Zaki Aslam menjelaskan akuntabilitas kinerja Pemprov Sumsel telah dievaluasi Kemenpan RB pada tanggal 28 September 2020. Kegiatan yang dilakukan melalui zoom meeting itu diikuti seluruh Perangkat Daerah Provinsi Sumsel.

Zaki menjabarkan dalam evaluasi terhadap Akuntabilitas Kerja Instansi Pemerintah (AKIP) tersebut, Pemprov Sumsel mendapat nilai kategori BB (sangat baik) dari Kemenpan RB.

Diungkapkan Zaki, penilaian SAKIP Pemprov Sumsel selama kepemimpinan Gubernur Herman Deru dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2020 selalu mengalami peningkatan. Tahun 2018 memperoleh nilai 78,71, tahun 2019 78,84, dan tahun 2020 78,94.

"Sejak tahun 2018 sampai 2020 penilaian SAKIP Pemprov Sumsel selalu naik dengan kategori BB (Sangat Baik). Karakteristiknya adalah Akuntabel, berkinerja baik, dan memiliki sistem manajemen kinerja yang andal," jelas Zaki dalam keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).

Sementara itu, melalui suratnya kepada Gubernur Sumsel, Menpan RB RI Tjahjo Kumolo menjelaskan, berdasarkan PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi pemerintah dan PP Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja instansi, pihaknya telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja pada Pemprov Sumsel.

Evaluasi tersebut bertujuan menilai pertanggungjawaban atas hasil dari penggunaan anggaran untuk mewujudkan pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented goverment) serta memberikan sarana perbaikan yang diperlukan.

"Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pemprov Sumsel memperoleh predikat BB. Penilaian tersebut menunjukkan bahwa tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi, dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemerintah PSumsel telah menunjukkan hasil yang baik," urai Tjahjo.

(akn/ega)