TPU Tegal Alur Dibuka Lagi, Pedagang Ramai tapi Sepi Peziarah

Rahmat Fathan - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 15:26 WIB
TPU Tegal Alur kembali dibuka usai penutupan selama libur Lebaran (Rahmat Fathan/detikcom)
TPU Tegal Alur kembali dibuka seusai penutupan selama libur Lebaran. (Rahmat Fathan/detikcom)
Jakarta -

Tempat Permakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat, kembali dibuka seusai penutupan selama libur Lebaran. Para pedagang kembali berjualan dan para peziarah pun terlihat berdatangan meskipun terbilang sepi.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 14.20 WIB, tampak tak ada lagi petugas yang berjaga di depan pintu masuk TPU Tegal Alur seperti saat penutupan. Spanduk yang dipasang di depan pintu masuk pun telah berganti.

Spanduk itu bertulisan 'Pengunjung TPU Tegal Alur wajib menaati 4M guna mencegah penyebaran virus COVID-19. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mempersingkat waktu ziarah'. Sebelumnya, di pintu masuk tersebut dipasangi spanduk yang berbunyi larangan berziarah.

Para peziarah tampak mulai berdatangan ke TPU Tegal Alur. Sementara itu, terlihat pula ramai para pedagang menjajakan lapak jualannya.

Para pedagang, seperti makanan, minuman, hingga bunga, terlihat ramai. Lapak-lapak para pedagang tersebut tampak berada dari pintu depan masuk hingga ke bagian dalam pemakaman.

Salah seorang pedagang bunga, Aini (48), mengatakan telah berjualan sejak pukul 06.00 WIB pagi. Dia mengatakan hari ini tak banyak peziarah yang datang.

TPU Tegal Alur kembali dibuka usai penutupan selama libur Lebaran (Rahmat Fathan/detikcom)Suasana di TPU Tegal Alur masih sepi peziarah saat kembali dibuka seusai penutupan selama libur Lebaran. (Rahmat Fathan/detikcom)

"Pagi jam 6 udah jualan. Sepi. Nggak ramai kaya yang waktu-waktu pertama puasa. Waktu-waktu pertama mau puasa mah munggahan rame," ujar Aini kepada detikcom, Senin (17/5/2021).

Aini mengatakan omzet penjualannya menurun. Menurut dia, permakaman biasanya ramai di saat perayaan lebaran dan satu hari setelahnya.

"Iya menurun. Biasanya hari pertama hari kedua lebaran mah rame. Ini kan nggak boleh," kata dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menetapkan aturan pelarangan aktivitas ziarah selama masa libur Idul Fitri 1442 H pada 12-16 Mei 2021. Hal ini menimbulkan polemik di masyarakat yang hendak berziarah.

Di TPU Tegal Alur, warga yang hendak berziarah sempat cekcok dengan petugas pada Jumat (14/5). Di antara warga yang protes, ada seorang pria yang mencurahkan keluh kesahnya dan heran karena pemakaman ditutup.

"Sekarang makam ditutup, lihat mal! Orang-orang pada makan, belanja, semua," kata pria yang hendak berziarah.

Selain melarang warga berziarah, pedagang tak diperbolehkan berjualan. Pihak pengelola TPU Tegal Alur juga sempat mengangkut puluhan lapak-lapak pedagang di masa penutupan.

"Ada-nggak ada (orangnya), (lapak) kita angkut," kata seorang petugas TPU Tegal Alur kepada wartawan di lokasi, Sabtu (15/5).

(jbr/jbr)