Keutamaan Bulan Syawal: Penuh Amalan Sunnah

Kristina - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 13:30 WIB
Couple of glowing Moroccan ornamental lanterns on the table. Greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem, festive blue night background with glittering golden bokeh lights.
Foto: iStock/Keutamaan Bulan Syawal: Penuh Amalan Sunnah.
Jakarta -

Bulan Syawal merupakan bulan memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW menjadikan bulan Syawal sebagai bulan penuh keberkahan.

Banyak amalan sunnah yang bisa dilakukan para muslim di bulan ini. Keutamaan bulan Syawal disebutkan dalam berbagai sumber, misal khutbah singkat Idul Fitri yang diterbitkan Kantor Wilayah Kemenag Bengkulu.

Sumber lain yang menyebutkan keutamaan bulan Syawal adalah situs respository Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Para muslim bisa belajar banyak hal terkait keutamaan bulan Syawal.

Berikut keutamaan bulan Syawal dari dua sumber tersebut:

1. Bulan kemenangan

Dalam repository UMY yang ditulis salah satu dosennya Muhsin Hariyanto, keutamaan bulan Syawal sebagai bulan kemenangan diindikasikan dalam tiga cara. Tiap muslim tentu bisa meraih kemenangan sejati di bulan Syawal.

"Kita raih kemenangan sejati dengan mewujudkan kepribadian kita sebagai penyambung tali silaturahim, pemberi maaf kepada orang yang mezalimi dirinya, dan pemberi kepada orang yang tidak pernah memberi," tulis Muhsin.

2. Bulan takbir

Keutamaan bulan Syawal sebagai bulan takbir disinggung Drs H Siun Ruhan, MHI, dalam pidato singkat Idul Fitri Kemenag. Takbir menandai kemenangan dan kegembiraan para muslim selepas ujian di bulan Ramadhan.

"Bulan Ramadhan telah berakhir, hari-hari penuh ujian telah kita lalui, godaan syetan sudah kita hadapi, ditandai dengan gemuruh kalimat takbir, tahmid dan tahlil bersahut-sahutan," tulis Siun.

3. Bulan kembali suci

Berikutnya adalah keutamaan bulan Syawal sebagai momen kembali suci. Momen ini terkait langsung dengan kewajiban saling memaafkan saat Idul Fitri. Muhsin menegaskan pentingnya para muslim memaafkan lebih dulu.

"Sudahkah kita bersedia memaafkan lebih dulu orang yang telah atau pernah berbuat zalim terhadap diri kita? Kita dituntut mebuktikan kemampuan memaafkan lebih dahulu orang yang telah dan jelas menzalimi diri kita," tulis Muhsin.

4. Bulan baik untuk menunaikan amalan sunnah

Amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Syawal telah diajarkan Rasulullah SAW. Salah satunya puasa enam hari di bulan Syawal, memperbanyak sedekah, dan amalan lainnya.

Menjalankan kegiatan sunnah di bulan Syawal melengkapi ibadah wajib di bulan Ramadhan. Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan amalan sunnah di bulan Syawal.

5. Bulan pembuktian nilai keimanan

Siun menuliskan salah satu keutamaan bulan syawal sebagai bulan pembuktian dan peningkatan iman. Rasulullah SAW dalam beberapa hadistsnya telah menyinggung tentang iman, berikut salah satunya

الْإِيمَانُ بضع وَسَبْعُونَ شُعْبَة فأفضلها: قَول لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَدْنَاهَا: إِمَاطَةُ الْأَذَى عَن الطَّرِيق والحياة شُعْبَة من الايمان

Artinya: "Iman itu ada lebih dari 70 cabang. Yang paling tinggi adalah pernyataan tiada Tuhan selain Allah SWT, yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalanan, dan sifat malu merupakan bagian dari iman. (HR Bukhari dan Muslim).

6. Bulan menyambung silaturahim

Keutamaan bulan Syawal selanjutnya adalah untuk memperbaiki dan menyambung tali silaturahim. Muhsin telah menjelaskannya sebagai salah satu indikator kemenangan seorang muslim usai Ramadhan.

"Pada bulan Syawal, kita dapat membuktikan keberhasilan puasa kita dengan bukti nyata. Yaitu menyambung (kembali) tali silaturahim terhadap orang yang memutuskan," tulis Muhsin.

Itulah keutamaan bulan Syawal. Umat Islam diharapkan dapat mengamalkan puasa Syawal dan ibadah sunnah lainnya.

(row/row)