Penyekatan Arus Balik, 10 Pemudik Positif COVID Dibawa ke Wisma Atlet

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 12:53 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di posko swab antigen di Kampung Tangguh Sawah Besar
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di posko swab antigen di Kampung Tangguh Sawah Besar. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya membuat posko penyekatan arus balik sejak Minggu (16/5). Di posko tersebut, warga Jakarta yang baru balik dari kampung halamannya akan dites swab antigen.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, dari dua pos pemeriksaan yang dilakukan di Km 34 Tol Jakarta-Cikampek dan pos pemeriksaan Kedungwaringin, ada 10 orang yang dinyatakan positif virus Corona.

"Ada 10 orang yang positif. Semua sudah dibawa ke RS Darurat COVID Wisma Atlet," kata Fadil dalam kunjungan di Kampung Tangguh Jaya (KTJ) Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021).

Fadil mengatakan dari dua pos pemeriksaan itu, ada ribuan pemudik yang telah dilakukan rapid antigen. Di antaranya sebanyak 2.458 orang di Km 34 Tol Jakarta-Cikampek.

"Kemudian 3.325 di Kedungwaringin," ujar Fadil.

Saat melakukan peninjauan di pos pemeriksaan bebas Corona di KTJ Kelurahan Mangga Dua Selatan, mantan Kapolda Jatim ini mengatakan ada 41 warga yang telah dites Corona. Hingga siang ini belum ada yang dinyatakan reaktif.

Fadil mengaku pihaknya terus berupaya mencegah penyebaran virus Corona di Jakarta saat masa arus balik libur Lebaran berlangsung. Untuk itu, pemeriksaan berbasis komunitas akan terus ditingkatkan.

"Mekanisme ini terus kita optimalkan dari warga oleh warga dengan difasilitasi oleh tiga pilar, yakni kapolsek, danramil dan Pak Lurah, tentu di bawah koordinasi Pak Camat setelah kemarin masih ada juga warga yang nekat mudik," kata Fadil.

Dia berharap upaya ini bisa menekan angka penyebaran virus Corona di Jakarta setelah libur Lebaran 2021.

"Tadi sudah ada 41 yang dilakukan swab dan belum ada reaktif. Kampung kita, kalau bukan kita yang jaga, siapa lagi," pungkas Fadil.

(ygs/mei)