Tanah Longsor Putuskan Jalan Nasional di Takengon Aceh Tengah

Antaranews - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 04:36 WIB
Ruas Jalan Nasional Takengon-Isaq di kawasan Desa Telege Sari, Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh putus total setelah terjadi tanah longsor sejak Minggu (16/5/2021) petang. (ANTARA/HO-Dok. BPBD Aceh Tengah)
Foto: ANTARA/HO-Dok. BPBD Aceh Tengah)
Jakarta -

Tanah longsor terjadi di Desa Telege Sari, Jagong Jeget, Aceh Tengah, Aceh sejak Minggu (16/5). Longsor itu mengakibatkan Jalan Nasional Takengon-Isaq putus.

"Musibah tanah longsor yang terjadi di lintas Takengon-Isaq Kabupaten Aceh Tengah diduga akibat tingginya curah hujan," kata Petugas Pusat Pengendalian Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Haslina Juwita, seperti dilansir Antara, Senin (17/5/2021).

Ia menjelaskan longsor terjadi karena curah hujan tinggi dalam beberapa hari terakhir. Akhirnya terjadilah longsor dan air sungai di Desa Telege Sari meluas.

Panjang longsor yang terjadi di daerah ini diperkirakan mencapai 50 meter. Pihakanya memastikan tidak ada korban jiwa dalam bencana alam yang terjadi di daerah ini.

Garis polisi pun dipasang di area longsor. Sehingga, bisa menghindari adanya korban jiwa dan sebagainya.

"Hingga Minggu malam ruas Jalan Takengon-Isaq untuk saat ini belum bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat," katanya menambahkan.

Ia juga memastikan air sungai di sekitar lokasi bencana tanah longsor tersebut juga masih meluap akibat guyuran hujan lebat, tutur Haslinda Juwita.

Lihat juga video 'Longsor Timbun Rumah di Ciambar Sukabumi, 1 Orang Meninggal':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)