Taman Mini Ditutup Hari Ini, Kendaraan Diputar Balik

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 10:16 WIB
Warga datangi TMII yang ditutup
Warga mendatangi TMII yang ditutup (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta menutup Taman Mini Indonesia Indah (TMII) serta sejumlah tempat wisata di Ibu Kota hingga 17 Mei mendatang. Meski ditutup, TMII tetap ramai dikunjungi warga yang hendak berwisata.

Pantauan detikcom per pukul 09.15 WIB di pintu gerbang 1 TMII, warga terus berdatangan demi bisa memasuki kawasan TMII. Pengunjung yang datang beragam, dari anak muda hingga keluarga.

Terlihat pula police line beserta banner bertulisan 'TAMAN MINI INDONESIA INDAH TUTUP TANGGAL 16-17 MEI 2021'.

Puluhan petugas gabungan polisi, Dishub, dan Satpol PP dikerahkan untuk menghalau warga. Petugas mulai menepikan kendaraan milik warga untuk menyampaikan pemberitahuan penutupan.

"Mohon maaf bapak, TMII ditutup dan baru dibuka kembali tanggal 18," ucap seorang petugas Dinas Perhubungan Rifaid di lokasi, Minggu (16/5/2021).

KBO Satwilantas Jakarta Timur AKP Subhan mengatakan, sejak pagi pukul 06.00 WIB, sekitar 35 mobil dihalau petugas ketika mencoba memasuki TMII. Dia juga mengatakan selama ditutup, TMII akan disemprot disinfektan.

"Kami melaksanakan pengamanan terkait penutupan beberapa tempat wisata di DKI Jakarta, seperti TMII, Ancol, Ragunan. Masyarakat yang mau masuk ke dalam berkunjung ke TMII kami harapkan ini ditutup untuk sterilisasi," kata Subhan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebelumnya memutuskan menutup sementara tempat wisata. Tempat wisata yang ditutup adalah Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Taman Margasatwa Ragunan.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya dalam sebuah surat edaran yang diberikan kepada pengelola tiga tempat wisata itu. Surat edaran itu tertanggal hari ini, Sabtu (15/5).

Simak juga 'Warganet Samakan Kerumunan Ancol dengan Sungai Gangga di India':

[Gambas:Video 20detik]

(yld/yld)