2 Teroris KKB Tewas Kontak Tembak dengan TNI-Polri di Papua

Audrey Santoso - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 09:48 WIB
Ilustrasi garis polisi
Ilustrasi Garis Polisi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Teroris KKB terlibat baku tembak dengan Satgas Nemangkawi TNI-Polri. Dua anggota KKB (kelompok kriminal bersenjata) tewas.

Kontak tembak itu terjadi di jembatan Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara, Puncak, pada Minggu (16/5/2021), pukul 03.19 WIT. TNI-Polri menembak tiga teroris KKB kelompok Lekagak Talenggeng dengan dua orang di antaranya tewas dan satu orang melarikan diri dengan kondisi tertembak.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Iqbal Al QudussyKasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Iqbal Al Qudussy (Dok. Humas Satgas Nemangkawi)

Setelah penembakan tersebut, Satgas Nemangkawi melakukan penyisiran dan menemukan sejumlah barang bukti. Petugas menemukan dua mayat anggota KKB, 1 pucuk senjata organik jenis Moser 7,62, 1 buah HT, amunisi 17 butir, 4 selongsong peluru, 1 bendera bintang kejora, hingga uang Rp 14.400.000.

"Hari ini Satgas Gakkum Nemangkawi akan melakukan olah TKP," kata Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal dalam keterangan tertulis.

Kamp Mayuberi saat ini dikuasai TNI-Polri. Satgas terus berupaya mengejar terhadap kelompok teroris yang saat ini berada di zona mini (Mimika, Intan Jaya, Nduga, dan Ilaga/Puncak).

"Situasi di kota Kabupaten Puncak Distrik Ilaga kota saat ini sangat kondusif. Aktivitas warga seperti biasa, baik kegiatan ibadah gereja maupun kios-kios di pasar ramai penjual dan pembeli," ujar Iqbal. Tidak ada korban dari masyarakat dan TNI-Polri dalam kontak tembak ini.

Simak juga 'Polri Libatkan Densus 88 untuk Tumpas KKB Papua':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/gbr)