Ajudan Lesmin Waker Juga Tewas dalam Kontak Tembak di Puncak Papua

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 01:23 WIB
Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Iqbal Al Qudussy
Foto: Kombes Iqbal Alqudussy (dok. Humas Satgas Nemangkawi)
Jakarta -

Polisi rampung mengidentifikasi satu jenazah teroris KKB yang tewas bersama Lesmin Waker di Kabupaten Puncak, Papua. Jenazah itu teridentifikasi sebagai Wandis Enimbo (29).

"Proses identifikasi jenazah yang dilakukan di Puskesmas Distrik Ilaga Puncak, dihadiri oleh Kapolres Puncak Kompol I Nyoman, Dandim 1714 Puja, Tim identifikasi Satgas Gakkum Ops (Penegakan Hukum Operasi) Nemangkawi," kata Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Iqbal Alqudussy dalam keterangan tertulis, Jumat (14/5/2021).

"Dengan pengambilan sidik jari jenazah, barang-barang hiasan yang digunakan, pencocokan wajah," sambung dia.

Wandis Enimbo diduga merupakan ajudan dari Lesmin Waker. Lesmin Waker sendiri adalah salah satu komandan teroris KKB di bawah pimpinan Lekagak Tenggelen.

"Hasil identifikasi jenazah anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen yang meninggal dunia, setelah melakukan kontak tembak dengan pasukan TNI Polri hari Kamis tanggal 13 Mei 2021, teroris anak buah Lekagak Telenggen Wandis Enimbo dengan jabatan dalam kelompok sebagai ajudan pribadi Lesmin Waker," terang Iqbal.

Iqbal menjelaskan aparat juga mengumpulkan keterangan terkait jenazah ke Kepala Distrik Ilaga Utara, Joni Elatotagam. Aparat juga meminta keterangan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Puncak sekaligus Ketua Lembaga Musyawarah Adat Kabupaten Puncak.

"Dari keterangan saksi yang dilakukan wawancara bahwa benar yang bersangkutan adalah ajudan teroris Lesmin Waker yang selalu bersama KKB Lesmin Waker," ucap Iqbal.

Iqbal menambahkan jenazah Wandis berhasil dievakuasi aparat usai baku tembak dengan teroris KKB. Namun jenazah Lesmin tak ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP) dan diduga dievakuasi sendiri oleh KKB.

"(Jenazah Lesmin Waker) tidak ditemukan, Diduga dievakuasi oleh kelompoknya," jelas Iqbal kepada detikcom saat dikonfirmasi soal keberadaan jenazah Lesmin Waker, Jumat malam.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2