Analisis Pakar Terkait Motif Pria Rekam Pria di Toilet Bobobox

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 07:57 WIB
Bobobox, startup pengelola jaringan hotel kapsul berinovasi di tengah gempuran pandemi COVID-19. Bobobox menghadirkan dua lokasi penginapan baru yang didukung Internet of Things (IoT).
Ilustrasi (Foto: Bobobox)
Jakarta -

Terungkap terduga perekam pria di kamar mandi di hotel kapsul Bobobox, Jakarta Pusat adalah pria. Pakar psikologi forensik, Reza Indragiri mengungkap ada beragam motif dalam perekaman itu.

"Karena modusnya adalah mengandalkan penglihatan sambil sembunyi-sembunyi, maka mungkin akan ada kalangan yang menyebutnya sebagai voyeurisme alias peeping tom alias tom si pengintip," kata Reza kepada wartawan, Sabtu (15/5/2021).

Reza meminta warga supaya waspada atas peristiwa ini. Dia mengatakan bahwa tindakan perekaman ini beragam caranya.

"Tapi waspadalah, perilaku jahat manusia, termasuk kelakuan seperti si bandit tengik ini, sangat mungkin bereskalasi. Semakin dia merasa manfaat positif dari aksi kotornya, secara bertahap semakin canggih pula cara-cara jahat yang dia terapkan," tutur dia.

Reza mengatakan kemungkinan motif pertama karena iseng. Pelaku merasa tidak ada kegiatan lain sehingga melakukan aksinya itu.

"Dalam kasus di hotel ini, misalnya, mari kita bayangkan eskalasinya seperti ini. Pertama, kasual. Artinya, pelaku merekam orang mandi hanya karena iseng. Mungkin karena tak ada kegiatan, setan pun nyasar di kepalanya," ucap Reza.

Motif kedua, kata Reza, adalah aksi yang telah dilakukan pelaku secara berulang-ulang. Pelaku dalam tingkatan itu, diyakini telah berkali-kali merekam video tak senonoh itu.

"Dari kasual, berlanjut ke tingkat kedua, kompulsif. Pada tingkat ini, perilaku si bandit sudah muncul berulang-ulang. Seolah, tanpa harus menunggu setan, dia sendiri sudah bisa terbiasa atau bahkan rutin melakukan rekaman porno itu. Tak tertutup kemungkinan, kompulsi disertai obsesi. Perilaku mesumnya beriringan dengan pikiran mesum yang juga muncul berulang dan tidak bisa diganti dengan pikiran-pikiran lain. Pikirannya menempel secara kuat, perilakunya pun melekat hebat. Obsesi kompulsi," tutur dia.

Simak selengkapnya

Saksikan video 'Viral Tamu Hotel Direkam saat Mandi, CEO Bobobox Angkat Bicara':

[Gambas:Video 20detik]