Arus Balik, Pengendara Dites Antigen Secara Acak di Km 47 Tol Japek

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 18:27 WIB
Polda Jabar lakukan pemeriksaan dokumen bebas COVID-19 di Tol Japek Km 47
Polisi melakukan pemeriksaan dokumen bebas COVID-19 di Tol Japek Km 47. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polisi mulai melakukan penyekatan arus balik Lebaran di ruas Tol Jakarta-Cikampek menuju ke Jakarta malam ini. Pengendara yang mengarah ke Jakarta diberhentikan dan dites rapid antigen secara acak.

Pantauan detikcom di Tol Japek Km 47 arah Jakarta, Sabtu (15/5/2021) sekitar pukul 16.25 WIB, ada sejumlah posko yang didirikan petugas di sisi jalan. Satu posko tersebut digunakan petugas untuk melakukan rapid antigen terhadap pengendara yang diduga hendak kembali ke Jakarta setelah mudik ke kampung halaman.

Ada dua lajur yang disiapkan petugas untuk memeriksa kendaraan berikut penumpangnya. Sejumlah petugas berjaga di sisi jalan secara acak menghentikan maksimal dua mobil untuk penumpangnya dilakukan rapid antigen.

Rapid antigen terhadap penumpang dalam kendaraan itu pun dilakukan hanya 50 persen dari total kapasitas orang yang berada di kendaraan tersebut. Setiap orang yang dilakukan rapid antigen diminta turun dari mobil dan masuk ke dalam posko kesehatan.

Pengendara di dalam posko kesehatan awalnya diperiksa identitas dirinya. Setelah mendata, petugas melakukan rapid antigen kepada pengendara tersebut.

Butuh waktu 10-15 menit untuk mengetahui hasil tes antigen yang dilakukan petugas di lokasi. Jika dinyatakan negatif, pengendara itu pun diizinkan melanjutkan perjalanan.

Penjelasan Dirlantas Polda Jabar ada di halaman selanjutnya:

Selanjutnya
Halaman
1 2