Ancol Perpanjang Masa Penutupan, Buka Lagi 18 Mei

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 17:50 WIB
Suasana Pantai Ancol Sepi Pengunjung karena Ditutup
Foto Pantai Ancol (Dias/detikcom)
Jakarta -

Manajemen Ancol memperpanjang masa penutupan kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara. Ancol akan dibuka kembali pada Selasa (18/5).

"Manajemen PT Taman Impian Jaya Ancol terus menyempurnakan penerapan protokol kesehatan di kawasan wisata Ancol. Maka dengan observasi, pertimbangan, dan masukan dari berbagai pihak, penutupan kawasan Ancol diperpanjang mulai 15-17 Mei 2021," ujar Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali melalui keterangan tertulis, Sabtu (15/5/2021).

Dengan demikian, wisata Ancol baru dibuka lagi pada Selasa (18/5). Teuku Sahir mengakui pihaknya memutuskan kebijakan itu secara berat hati.

"Kami memahami ketidaknyamanan dan kekecewaan pengunjung yang terpaksa mengurungkan niat menghabiskan masa libur Lebaran di kawasan Ancol karena adanya penutupan kawasan," tuturnya.

"Kekecewaan pengunjung adalah kekecewaan kami juga. Dengan berat hati kami memutuskan melakukan penutupan operasional kawasan wisata Ancol selama tiga hari. Dan Ancol akan dibuka kembali hari Selasa, 18 Mei 2021, melalui koordinasi dengan instansi terkait," sambung Teuku Sahir.

Selain itu, kata Sahir, pengunjung yang sudah membeli tiket bisa menggunakan tiket itu sebanyak dua kali. Adapun tiket itu berlaku hingga 31 Desember 2021.

"Selanjutnya pengunjung yang telah memiliki tiket online yang tidak dapat berekreasi selama penutupan Ancol dapat mempergunakannya sebanyak dua kali dan berlaku sampai 31 Desember 2021," terang Sahir.

Sahir menyatakan penutupan kawasan Ancol merupakan keputusan berat yang harus diambil manajemen Ancol demi mengedepankan kepentingan masyarakat agar tetap aman, selamat, dan sehat selama libur Lebaran ini. Dia menyayangkan libur yang seharusnya bisa dinikmati pengunjung di Ancol jadi tertunda.

Sementara itu, alasan Sahir menutup wisata Ancol sampai Senin adalah memastikan kesiapan protokol kesehatan. Dia turut menyampaikan wisatawan tidak boleh berenang saat Ancol dibuka nanti.

"Salah satu alasan diperpanjangnya masa penutupan tersebut adalah untuk memastikan kesiapan seluruh protokol kesehatan dapat diterapkan dengan lebih baik dengan penyempurnaan SOP dan peningkatan fasilitas serta sarana prasarana yang ada di kawasan Ancol. Nantinya pengunjung masih tetap melakukan wisata di kawasan pantai, namun belum diizinkan untuk melakukan aktivitas berenang di Pantai. Selanjutnya akan lebih mempertegas penerapan pembatasan jaga jarak antar individu dan atau keluarga," jelasnya.

Sebelumnya, manajemen Ancol telah memutuskan membuka kembali kawasan Ancol pada Senin (17/5). Bahkan mereka menyebut tiket pengunjung bisa dijadwal ulang hingga di-refund.

Lihat Video: Kala Ancol Harusnya Berpesta, tapi Prihatin Kondisi Corona

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)