12 Titik Pos Pemeriksaan Arus Balik Lebaran di Jabodetabek, Ini Sebarannya

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 14:42 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Foto: Wilda/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah pos pemeriksaan dokumen bebas COVID-19 pada arus balik Lebaran 2021. Total ada 12 titik pos pemeriksaan yang akan dijaga petugas.

"Berdasarkan hasil rapat yang dihadiri dengan seluruh kasat lantas, dihadiri juga seluruh instansi, ada 12 titik pemeriksaan dokumen bebas COVID-19. Dan kalau tidak punya dokumen, akan kita lakukan pemeriksaan berupa swab antigen," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Km 34 Tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (15/5/2021).

Sambodo menyebut 12 titik pos pemeriksaan itu didirikan mulai di jalan tol, terminal, hingga beberapa jalan arteri. Untuk pos pemeriksaan di tol berada di Km 34b Tol Cikampek arah Jakarta.

Sementara itu, khusus di terminal, ada dua terminal, yakni Terminal Kalideres dan Terminal Pulogebang, yang akan disiapkan pos pemeriksaan arus balik Lebaran. Untuk di jalan arteri, ada 9 titik pos pemeriksaan yang akan disebar di sejumlah ruas jalan, mulai Depok hingga Kabupaten Bekasi.

"Secara random kita akan melakukan pemeriksaan (dokumen bebas COVID-19) kepada masyarakat yang melaksanakan mudik dan persiapan kembali ke Jakarta," ucapnya.

Bagi warga yang tidak membawa surat bebas COVID-19 dan dinyatakan reaktif dari hasil rapid antigen di lokasi, petugas akan membawa warga tersebut ke Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Mereka akan diisolasi sambil menunggu hasil swab PCR dengan hasil negatif.

"Kalau ada yang reaktif, dari pihak pemda dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI, kalau ada yang reaktif, maka yang kita akan periksakan kita bawa ke Wisma Atlet untuk dilanjutkan dengan PCR dan selama menunggu hasil PCR maka dia akan diisolasi," terang Sambodo.

Berikut ini 12 titik pos pemeriksaan dokumen bebas COVID-19:

Jalan Tol:

Tol Jakarta-Cikampek Km 34b arah Jakarta

Terminal:

Kalideres
Pulogebang

Jalur Arteri:

Tangerang Kota: Jatiuwung, Kebon Nanas, dan Batuceper
Kabupaten Bekasi: Kedungwaringin
Depok: Jalan Raya Parung Ciputat Bojongsari dan Jalan Raya Bogor
Bekasi Kota: Tomyang dan Sasakjarang
Tangerang Selatan: Jalan GatotSubroto-Bitung

Tonton juga Video: Arus Balik Mulai Terlihat di Pantura Subang

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/fas)