Ada 900 Perjalanan KRL Hari Ini, Begini Situasi Stasiun Manggarai

Kadek Melda Luxi - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 12:37 WIB
Suasana Stasiun Manggarai Siang Ini
Foto Suasana Stasiun Manggarai siang ini (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Manggarai ramai calon penumpang siang ini. Namun tidak ada penumpukan penumpang di peron seperti kemarin.

Pantauan detikcom, Sabtu (15/5/2021) pukul 11.00 WIB di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, tampak suasana ramai penumpang namun tidak terlalu padat. Masih ada ruang untuk para penumpang menjaga jarak satu sama lain.

Saat kereta tiba, situasi tampak sepi. Namun kembali ramai karena ada calon penumpang yang turun untuk transit dan yang baru berdatangan.

Di dalam stasiun tampak petugas TNI dan petugas keamanan KRL berjaga. Mereka sesekali menghampiri dan menegur calon penumpang yang tidak menjaga jarak.

Suasana Stasiun Manggarai Siang IniSuasana Stasiun Manggarai siang ini (Kadek Melda/detikcom)

Terdengar imbauan jaga jarak yang disampaikan melalui pengeras suara. Selain itu, ada petugas KRL yang berkeliling ikut mengatur jarak calon penumpang.

Sementara itu, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengoperasikan 14 jadwal perjalanan KRL di H+2 Lebaran. Total ada 900 perjalanan yang beroperasi hari ini.

"Dengan tambahan perjalanan yang mulai beroperasi pada hari Sabtu (15/5) ini, secara keseluruhan KAI Commuter mengoperasikan 900 perjalanan KRL per hari dengan jam operasional pukul 04.00-20.00 WIB pada masa larangan mudik Lebaran ini," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba melalui keterangan tertulis hari ini.

"Penambahan perjalanan tersebut akan beroperasi sebagai feeder Manggarai-Duri PP, yang menghubungkan tiga stasiun transit dengan volume pengguna cukup besar, yaitu Manggarai, Tanah Abang, dan Duri. Selain itu, KAI Commuter menyiapkan tambahan perjalanan KRL ke rute-rute lainnya bila ada potensi kepadatan pengguna," sambungnya.

Anne menuturkan ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 26 pada hari kedua Lebaran Idul Fitri 2021. Meski ada kenaikan jumlah penumpang, Anne menyebut peningkatan masih di bawah rata-rata jumlah pengguna KRL pada hari kerja di masa pandemi COVID-19.

"Pada hari kedua Lebaran kemarin (Jumat, 14/5), jumlah pengguna KRL Jabodetabek hingga pukul 19:00 WIB mencapai 239.129 orang. Jumlah tersebut meningkat 26 persen dibanding hari pertama Idul Fitri, di mana jumlah pengguna pada kurun waktu yang sama hanya 188.434 orang. Meskipun ada kenaikan, jumlahnya masih di bawah rata-rata pengguna KRL pada hari kerja yang mencapai sekitar 400 ribu pengguna di masa pandemi ini. Kebanyakan dari mereka adalah pengguna musiman yang tidak rutin menggunakan KRL," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegur PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) karena melihat adanya penumpukan calon penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Dia meminta agar kasus ini tidak terulang.

"Saya melihat bahwa pengelolaan dari KCI tidak profesional, ya. Saya bertanya dengan beberapa penumpang berdesak-desakan, kita lihat tadi lebih dari 70 orang dan tidak ada yang menjaga," kata Budi Karya dalam jumpa pers seusai peninjauan, Jumat (14/5).

Menhub Budi Karya mengatakan Stasiun Manggarai adalah tempat perjumpaan kereta api yang terpadat. Catatan yang dia terima, dalam tiga dan empat hari terakhir ada lebih dari 200 ribu pergerakan di stasiun ini. Dia mengatakan Sabtu (15/5) dan Minggu (16/5) mungkin jadi puncaknya, bisa naik hingga 300-400 ribu orang.

(zap/jbr)