Kemarin 'Diserbu' 43 Ribu Pengunjung, Ini Alasan Ancol Tutup Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 10:35 WIB
Dunia Fantasi (Dufan) di kawasan Ancol, Jakarta Utara, kembali dibuka di masa PSBB Transisi. Nah, seperti apa suasana terkininya.
Ilustrasi salah satu wahana di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, hari ini ditutup setelah sebelumnya 'diserbu' 40 ribu lebih pengunjung. Pengelola memutuskan menutup Ancol hari ini untuk penguatan protokol kesehatan.

"Kami akan melakukan disinfeksi seluruh area dan evaluasi penguatan penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan." ujar Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali dalam siaran pers, Sabtu (15/5/2021).

Pengelola PT Taman Impian Jaya Ancol telah melakukan evaluasi. Dari hasil evaluasi tersebut, diputuskan kawasan Ancol tutup pada hari ini saja.

"Dari hasil evaluasi tersebut, diputuskan kawasan Ancol akan tutup selama satu hari pada hari Sabtu, 15 Mei 2021," imbuhnya.

Selama penutupan tersebut, pengelola akan melakukan penguatan protokol kesehatan di kawasan Ancol. Di antaranya adalah melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area vital rekreasi (pantai, jalan, promenade, toilet, loket gerbang, tenant-tenant restoran, dan unit-unit rekreasi di dalamnya, seperti Dufan, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Atlantis Water Adventure, Allianz Ecopark).

Selain itu, pengelola akan menambah signage dan tali pembatas pelarangan berenang di area pantai serta penambahan tali pembatas untuk social distancing di area promenade.

Pengunjung yang telah melakukan pembelian tiket secara online dapat melakukan penjadwalan ulang kunjungan melalui https://reservasi.ancol.com/, yang berlaku sampai 31 Juli 2021.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan tersebut dan berharap, saat Ancol dibuka kembali, pengunjung dapat bersama-sama menjaga seluruh protokol kesehatan agar dapat dijalankan secara disiplin demi kesehatan bersama." ujar Sahir.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Simak Video: Petugas Tutup Pintu Masuk Ancol, Kendaraan Mengular

[Gambas:Video 20detik]




Sementara itu, dari pantauan detikcom di lokasi, sejumlah warga berdatangan untuk berwisata di kawasan Ancol. Sebagian besar warga tidak tahu kawasan Ancol ditutup hari ini.

Hal ini menimbulkan antrean panjang di pintu masuk Ancol hingga ke Jl RE Martadinata, Jakarta Utara. Sejumlah polisi dan anggota Dishub mengatur lalu lintas dan memutar balik para pengunjung.

Sebelumnya, Jumat (14/5), pengelola melakukan buka-tutup gerbang akses ke kawasan Ancol. Hal itu dilakukan karena kuota wisatawan sudah penuh.

"Karena kuota tiket sudah terpenuhi, per pukul 16.00 WIB sudah 43 ribu pengunjung. Yang keluar 13 ribu," ujar Manajer Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari saat dihubungi, Jumat (14/5/2021).

Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara (Jakut), menjadi destinasi wisata yang diminati masyarakat pada masa libur Lebaran 2021 ini. Karena ramai, pengelola Ancol menerapkan buka-tutup gerbang supaya kawasan Ancol tak makin padat.

"Rekayasa buka-tutup gerbang Ancol merupakan bagian penerapan prokes di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Jika kami melihat situasi dan kondisi yang terlihat agak padat, kami lakukan skema buka-tutup tersebut," ujar Rika.

(mei/hri)