Round-Up

10 Fakta Gempa M 6,7 Guncang Nias Barat Sumut

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 05:19 WIB
Suasana di Nias, 14 Mei 2021. (Dok. Pembaca detikcom Marlan)
Foto: Suasana di Nias, 14 Mei 2021. (Dok. Pembaca detikcom Marlan)
Jakarta -

Gempa bumi terjadi di Nias Barat, Sumatera Utara (Sumut), kemarin siang. Ada sejumlah fakta yang terungkap dari kejadian gempa di Nias Barat tersebut.

Gempa di Nias Barat diawali oleh gempa berkekuatan M 7,2 sekitar pukul 3.33 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG, Jumat (14/5/2021).

Titik koordinat gempa ada di 0,10 lintang utara dan 96,53 BT bujur timur dengan kedalaman 19 Km. Lokasi gempa 141 Km barat daya Nias Barat.

BMKG berkekuatan M 7,2 ini kemudian dimutakhirkan oleh BMKG menjadi M 6,7. Berikut fakta-fakta gempa yang mengguncang Nias Barat, Sumut:

1. Gempa Nias Barat Terasa Kuat hingga ke Padang

Gempa berkekuatan M 7,2 mengguncang Nias Barat ini terasa cukup kuat hingga ke Padang, Sumbar. Warga merasakan diayun dalam jangka waktu cukup lama.

"Gempanya terasa berayun dan cukup lama," kata Rahma, salah seorang warga Padang.

Gempa cukup kuat tidak hanya terasa di Kota Padang. Guncangan yang cukup kuat juga dirasakan warga yang tinggal di Kota Padang Panjang dan Tanah Datar.

2. Wilayah yang Rasakan Gempa Nias Barat

Gempa di Nias Barat terasa di sejumlah wilayah dalam skala MMI atau modified mercalli intensity. Wilayah itu dari Gunung Sitoli hingga Banda Aceh.

"Wilayah dirasakan skala MMI III-IV Gunung Sitoli, III-IV Kabupaten Nias, III-IV Nias Barat, III-IV Nias selatan, III Banda Aceh, II Aceh Tengah, II Aek Godang," tulis BMKG dalam situs resmi mereka.

Terkait gempa di Nias Barat skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sementara skala IV MMI artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi. Sedangkan skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Lihat Video: Gempa Nias Tak Berkaitan dengan Gempa Mentawai

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3