Round-Up

Gempar Penutupan TPU Bikin Peziarah di Jakbar Jebol Pagar

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 23:33 WIB
Kericuhan di TPU Tegal Alur
Foto: Ricuh di TPU Tegal Alur, peziarah jebol pagar (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menutup tempat pemakaman umum (TPU) di Ibu Kota diprotes para peziarah. Seperti diketahui, meskipun ziarah ditiadakan, warga tetap melakukan ziarah.

Termasuk di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar). Para peziarah cekcok dengan petugas TPU hingga terjadi kericuhan. Polisi akhirnya turun tangan.

Pantauan detikcom, Jumat (14/5/2021) pukul 08.30 WIB, sejumlah warga ramai berziarah di TPU Tegal Alur. Kondisi ramai terpantau di blok AA 1 Unit Islam bagian pemakaman umum. Beberapa juga terlihat berziarah di area pemakaman COVID-19.

Para peziarah umumnya datang secara rombongan. Mereka mengajak anggota keluarga, termasuk anak kecil. Terlihat peziarah tetap menggunakan masker, tapi ada pula yang tidak. Jarak antarmereka juga kurang dari 1 meter.

Akses pintu masuk depan ke blok AA 1 Unit Islam terpantau dijaga petugas pengamanan dalam (pamdal) dibantu petugas makam. Peziarah yang mencoba masuk diminta berputar balik.

Meski begitu, sejumlah peziarah memilih masuk ke pemakaman lewat permukiman warga. Mereka masuk menaiki motor dan memarkirkannya di area pemakaman.

Tak berapa lama setelah itu terjadi kericuhan. Peziarah yang hendak masuk lewat gerbang depan meradang karena diadang. Peziarah adu mulut dengan petugas Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakbar.

detikcom memantau kericuhan terjadi sekitar pukul 09.45 WIB. Kericuhan bermula saat dua pemuda cekcok dengan petugas karena tak diperbolehkan masuk.

Di saat yang bersamaan, ada seorang ibu juga yang terlihat menangis. Dia meminta untuk berziarah karena baru saja ditinggalkan salah seorang anggota keluarganya.

Cekcok tersebut memicu protes warga lain. Mereka berteriak-teriak sambil mengangkat tangan di dekat pagar. Warga juga sempat mendorong-dorong pagar masuk. Petugas yang berada di lokasi mencoba menenangkan warga.

Kericuhan di TPU Tegal AlurFoto: Kericuhan di TPU Tegal Alur (Luqman/detikcom)

"Sekarang makam ditutup, lihat mal! Orang-orang pada makan, belanja, semua," kata pria berbaju hijau itu.

Suara klakson bersahutan, warga pun ramai-ramai memprotes. Petugas yang berada di lokasi mencoba menenangkan warga. Ricuh itu terjadi sekitar 3 menit. Lalu lintaspun sempat macet.

Para peziarah itu bahkan membuka paksa gerbang masuk TPU Tegal Alur. Situasi pun semakin panas. Seorang peziarah terlihat mencoba membuka paksa pintu gerbang.

Setelah itu, ada ambulans yang masuk menuju TPU Tegal Alur. Akhirnya pagar pun dibuka oleh petugas. Kesempatan ini dimanfaatkan peziarah kubur untuk masuk.

Peziarah lainnya yang menaiki sepeda motor kemudian berbondong-bondong ikut masuk. Petugas sudah berupaya membendung arus peziarah, tapi mereka tetap mencoba masuk. Usai ricuh, gerbang dibiarkan terbuka dan masih dijaga petugas pamdal serta Satpol PP.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3