Hari Lebaran, Tak Ada Penyekatan di Pos Kedungwaringin-Tanjungpura

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 15:10 WIB
Karawang -

Kebijakan penyekatan kendaraan pemudik tak diberlakukan ketika Idul Fitri 1442 H atau Lebaran 2021. Hal tersebut tampak di pos penyekatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, dan Tanjungpura, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar).

Pantauan detikcom di pos penyekatan Tanjungpura, Kamis (13/5/2021), sekitar pukul 14.25 WIB, tidak ada petugas yang melakukan penyekatan pemudik di lokasi. Jalur tersebut terbagi menjadi dua lajur, masing-masing untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Tiap kendaraan bisa melintas tanpa perlu melewati proses pemeriksaan. Kondisi lalu lintas di lokasi pun terlihat lengang.

Sejumlah petugas dari kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) berada di pos penyekatan. Namun para petugas tersebut hanya dipersiapkan untuk melakukan pengamanan lalu lintas.

Saat ditanya alasan pelonggaran penyekatan pemudik, salah satu petugas di lokasi mengaku hal itu dilakukan akibat intensitas kendaraan pemudik yang berkurang. Puncak pemudik terjadi pada malam takbiran kemarin.

"Ini masa tenangnya sekarang," kata petugas di lokasi.

"Puncaknya malam takbiran kemarin. Paling yang dekat-dekat, orang Indramayu, orang Kuningan," sambungnya.

Hal serupa terjadi di pos penyekatan pemudik Kedungwaringin. Pos perbatasan Bekasi-Karawang ini terlihat sepi.

Tidak ada petugas yang melakukan penyekatan. Padahal, tiga hari terakhir petugas berjibaku menghalau pengendara yang terindikasi untuk mudik.

Belum diketahui sampai kapan pelonggaran penyekatan di dua pos tersebut akan dilakukan. Untuk diketahui, pemerintah telah menerapkan kebijakan larangan mudik Lebaran 2021. Kebijakan itu berlangsung dari 6 Mei hingga 17 Mei mendatang.

Situasi di pos penyekatan Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat pada Hari Raya Idul Fitri 1442 HSituasi di pos penyekatan Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat, pada hari raya Idul Fitri 1442 H (Yogi Ernes/detikcom)

(ygs/aud)