Hari Lebaran, Keluarga Tahanan Mulai Berdatangan ke Rutan KPK

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 11:51 WIB
Keluarga tahanan KPK mulai berdatangan ke rutan di Hari Lebaran
Keluarga tahanan KPK mulai berdatangan ke rutan di hari Lebaran. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

KPK memfasilitasi keluarga para tahanan KPK untuk dapat mengunjungi Rutan KPK Gedung Merah Putih pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Beberapa keluarga pun sudah terlihat mendatangi Rutan KPK.

Pantauan detikcom, pukul 11.05 WIB, Kamis (13/5/2021), para keluarga mulai berdatangan ke Rutan KPK. Saat ditanya dari tahanan siapa, mereka enggan berkomentar apa pun.

Terlihat para keluarga itu membawa kantong berisi buah tangan. Petugas Rutan KPK pun tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan mengecek suhu sebelum masuk ke area Rutan KPK.

"Dalam rangka memfasilitasi kunjungan keluarga para tahanan di Hari Raya Idul Fitri dengan tetap mengantisipasi penyebaran virus COVID-19, di area lingkungan Rutan KPK dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.

Selain itu, KPK memfasilitasi para tahanan untuk melaksanakan salat Id di Masjid At Taubat Rutan Pomdam Jaya Guntur, Jakarta Selatan. Pelaksanaan salat Id dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga 07.00 WIB.

Lalu, Ali mengatakan para keluarga itu diharuskan mengikuti prokes dengan memakai masker dan face shield. Juga surat kesehatan, seperti bukti hasil swab test ataupun rapid antigen.

"Pengunjung wajib menggunakan masker standar dan face shield serta dilengkapi surat keterangan bebas COVID-19 yang sah dan masih berlaku, dibuktikan dengan hasil swab test, PCR, rapid antigen, maupun GeNose," katanya.

Keluarga yang mengunjungi dibatasi sebanyak 5 orang tanpa bergantian. Jadwal kegiatan kunjungan itu dibagi dua sesi.

Sesi pertama dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB, sesi kedua dari pukul 13.00 WIB sampai 16.00 WIB. Diketahui, ada 19 tahanan yang berada di Rutan KPK Gedung Merah Putih ini.

Keluarga tahanan KPK mulai berdatangan ke rutan di Hari LebaranKeluarga tahanan KPK mulai berdatangan ke rutan di Hari Lebaran. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

Simak juga '183 Napi di Lapas Tasikmalaya Dapat Remisi Hari Raya':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)